Leelou Blogs

Tuesday, September 14, 2010

Combro oncom ala Dresden :)

senangnyaa dapat kiriman resep dari si mbok Piti yang jago masak dan slalu kreatif.  Combronya enakkk bangett apalagi pake isian oncom hmm serasa makan di Bandung.
Aku izin copas resepnya biar kalo bikin lagi aku inget..
Biarpun si oncom di ganti jadi soya mince tapi rasanya teuteupp enakk..malah aku lebih suka ini daripada oncom benernya , kadang suka berasa pahit. Pokoknya enak dehh silahkan dicoba..thx ya mba Pit buat resepnya..muachh :)

Ini lah si pengganti oncom yang rasanya mirip oncom.

Bahan Kulit:

1 pak Singkong parut beku, tunggu hingga lumer
1 buah kentang rebus ukuran sedang (ini rahasia dapet bocoran dari resep leluhur biar combro tetep empuk meski dingin)
100 gr Kelapa kering, beri 50 ml santan cair panas, aduk rat
1/2 sdt Garam
Isi "Oncom" Pedes:

100 gr Soja Granulat, masak dengan air secukupnya hingga mengembang, lalu tiriskan airnya.
5 siung Bawang putih cincang
3 siung Bawang merah cincang
1 pak Daun Kemangi / Basilikum
1 batang Daun bawang, iris2 halus
5 buah Cabe Rawit, iris2 (kalo mao lebih pedes, ya terserah banyak nya :-D)

Bumbu :
Garam, merica, gula secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara membuat:
Campur singkong parut, kentang rebus halus, kelapa dan garam, aduk rata.

Isi : masak hingga matang dan rasanya enak seperti oncom :-D

Bentuk combro, lalu goreng hingga matang.

souce : FB nya si mbok Piti :)

Ayam Pop enak dan gampang :)


Yang ini resepnya simple dan enakkk. walopun aku gorengnya kelamaan jadi si ayam coklaz deh :( , tapi yang penting rasanya enakkMakasih Detti buat kiriman resepnya.

BAHAN:
3 sdm garam
2 sdm cuka masak
300 ml air
6 potong (1 1/2 ekor) ayam ras, buang kulitnya
1 L minyak sayur

Sambal:
100 ml minyak untuk menumis
8 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
5 lembar daun jeruk
1 sdt terasi bakar
5 sdm cabai merah giling, siap pakai
3 buah mata petai, cincang kasar
4 buah tomat merah, potong-potong

CARA MEMBUAT:

  • Larutkan garam dan cuka dalam 100 ml air, masukkan potongan ayam, rendam selama 20 menit.
  • Angkat ayam, tiriskan. Rebus dalam campuran minyak dan sisa air selama15 – 20 menit di atas api sedang hingga ayam matang. Angkat, tiriskan. Sisihkan.
  • Sambal: Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu. Masukkan daun jeruk dan terasi, masak hingga harum.
  • Tambahkan cabai giling dan petai, aduk rata. Masukkan tomat, aduk rata. Masak hingga semua bahan matang. Angkat.
  • Sajikan ayam bersama sambal. 
siap disajikan dan rasanya kalo kata aa..enakkkkkk buangettt :)
    source : femina
    Untuk 6 porsi
    Kalori per porsi: 320

    oseng-oseng kebab

    Waktu ke toko daging halal aku beli kebab yang udah dalam kemasan dus. Ternyata pas di rumah rasanya kambing bangettt :((, padahal dulu pernah aku beli rasanya ga begini..kali emang beda merk jadi beda rasa, mana aku belinya banyak lagi :((. Kebeneran minggu ke 3 rumah kami kebagian menerima tamu buka puasa. Langsung aja kepikiran buat menyulap kebeb jadi oseng-oseng pedessssssssss dan manisssss. biar ga kerasa rasa kambingnya.
    Alhamdulillah hidangan ini habiss...ada yang bilang enak juga..kalo aku engga deh..berhubung ga terlalu gitu suka kambing. Ayo-ayo yang punya sisa bahan jangan dibuang, kita sulap makanan biar tetep jadi enak. Berhubung makanan ini di foto pas disajikan jadinya hasil foto kurang cantik.

    Bahan :
    1 dus daging kebab s+
    2 bawang bombay iris tipis
    2 siuang bawang putih iris tipis
    3 buah cabe merah
    3 buah cabe hijau
    cabe rawit kalo suka
    kecap
    sedikit garam dan gula pasir
    merica
    1 buah paprika iris tipis
    1 buah tomat

    Cara :
    Kebab di goreng dengan sedikit minyak sebentar. Tumis bawang merah dan bawang putih, masukan kebab dan tambahkan dengan bahan2 diatas. beri sedikit air dan masak sampe macak-macak

    Kalo aku bawang, cabe dan paprika setelah di tumis, dibagi 2...satu bagian campur dengan daging dan sisa bahan, bagian ke 2 disisihkan, dan nanti di tambahkan sebagai toping biar terlihat cantik :)

    Monday, September 13, 2010

    variasi resep Pukis

    Untuk tajil terakhir di Dresden aku bikin kue pukis. Udah ga sabar pengen pake cetakan baru oleh-oleh dari mamah aku. Karna 2 minggu lagi ada event dagang summerfest jadi kali ini aku mau coba-coba dan pilih-pilih resep mana yang palinge enak, murah, dan bikinnya gampang.
    Aku coba resep dari buku dan dari blognya mas Budi.

    Pukis 
    Ini resep dari Blognya mas Budi
     Bahan:
    Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 200 g
    Telur ayam 4 butir
    Gula pasir 125 g
    Santan dari ½ butir kelapa 200 ml
    Ragi instan/instan yeast 10 g
    Margarin, lelehkan 40 g
    Vanili bubuk/vanili pasta ¼ sdt
    Garam halus ½ sdt

    Cara Membuat:
    1. Kocok telur, gula dan garam hingga mengembang kaku. Tambahkan tepung terigu, ragi instan, margarin dan vanili, aduk rata.

    2. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga terbentuk adonan yang licin. Diamkan adonan selama 60 menit atau hingga adonan mengembang dan berbuih.

    3. Panaskan cetakan pukis yang sudah dioles dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan, panggang dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.

    4. Atur di dalam piring saji, hidangkan.

    Untuk ± 20 buah

    Tip: Untuk variasi isi, sebelum permukaan kue mengering, taburi meises, parutan keju, kismis atau cincangan kacang tanah sangrai. Adonan juga bisa ditambahkan dengan 1 sdt pasta cokelat dan 1 sdm cokelat bubuk untuk mendapatkan kue pukis berwarna cokelat.

    source : http://budiboga.blogspot.com/2008/05/kue-pukis-untuk-wirausaha.html 

    Pukis Coklat



    Bisa juga resep ini di pake tanpa bahan coklat.
    Bahan :
    • 200 gr tepung terigu
    • 3 butir telur
    • 150 ml santan/ air/ susu (kalo aku untuk menghindari basi santan di didihkan terlebih dahulu, kemudian dinginkan)
    • 125 gr mentaga dicairkan
    • setengah sendok gist
    • 125 gr gula pasir
    • vanili secukupnya
    • 100 gr dcc 
    • 1 sdt pasta coklat
    Cara :
    • kocok telur dan mentega kira-kira 10 menit
    • masukkan terigu, gist, gula pasir, vanili, dan santan
    • tutup adonan, diamkan setengah jam
    • masukkan mentega cair, aduk-aduk. Kalo mau bikin pukis coklat cairkan mentega dan dcc
    • diamkan setengah jam sampe 1 jam
    • lalu cetak
     
     source : buku resep bonus dari cetakan Arepa.

    Saturday, September 04, 2010

    Nastar

    resep menyusul :)

    Choco Peanut Cookies

      

    Bahan :

    75 gr margarine
    75 gr butter


    130 gr gula tepung
    1 butir telur
    200 gr terigu
    20 gr susu bubuk
    20 gr maizena
    20 gr coklat bubuk
    1/4 sdt baking powder
    50 gr dark cooking chocolate,lelehkan
    50 gr choc.chip
    100 gr kacang mete cincang

    caranya :
    kocok margarine,butter dan gula halus selama 30 detik (pake mixer)
    tambahkan telur hingga rata.
    masukkan terigu, susu bubuk, maizena, coklat bubuk dan baking powder yg sudah diayak.
    tuang dark cooking yg sudah dilelehkan, 
    masukkan choc chip dan kacang.
    bakar 30 menit 162,5°C (150°C resep asli)

     ..............happy baking.................. :)

    Lontong Sayur

    Menu fav aku saat lebaran neh...tapi dah keburu kebelet jd sebelum lebaran akud ah bikin duluan...dan ini pake sayuran yang ada di kulkas aja. pake bumbu instan rasa opor ayam..hmm enak juga.
    Bahan :
    Bumbu opor instan
    1  siungbawang merah diiris
    2 siung bawang putih diiris
    1 lembar daun salam
    1 kerat lengkuas
    1/4 sdt garam dan ketumbar
    1 batang serai
    sayuran : nangka, buncis, kol, daun singkong

    cara :

    tumis bawang sampe harum masukkan bumbu opor instan. tambahkan sisa bumbu , air dan nangka. setelah mendidih masukkan santan kocek-kocek biar ga pecah dan masukkan sisa sayuran.
    hidangkan dengan lontong , kerupuk dan sambel.

    Thursday, September 02, 2010

    satay Lilit ayam saus sambel oncom

    Bahan Satai:
    100 gr ayam cincang
    20 gr tahu Cina, haluskan
    2 btr putih telur
    1 siung bawang putih, haluskan
    ½ sdt garam
    ¼ sdt lada bubuk
    ½ sdt ketumbar bubuk
    ¼ sdt kunyit bubuk
    30 gr tepung sagu
    1 btg daun bawang, iris halus
    tusuk satai
    Bahan Sambal Oncom:
    10 gr oncom, haluskan
    375 ml air
    Bumbu Halus:
    1 btr bawang merah
    2 bh cabai rawit merah
    1 bh cabai merah keriting
    1 sdt garam
    4 sdt gula merah, sisir
    2 cm kencur
    1 cm jahe
    Cara Membuat:
    1. Campur semua bahan satai, aduk rata. Lilitkan di tusuk satai. Bakar sampai matang dan kering. Sisihkan.
    2. Sambal Oncom: rebus air dan bumbu halus sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan oncom, aduk rata. Masak sampai matang.
    3. Sajikan satai dengan siraman Sambal Oncom.
    Untuk 15 buah
    Tip:   Saat sudah ditusuk, baru kepal-kepal adonan sambil dipadatkan agar adonan padat dan tidak hancur.

    source : tabloid nova 

    Ketan Bumbu Serundeng


    udah lama pengen banget coba ketan serundeng baru kesampeian sekarang.Kebetulan kemaren ada acara kumpul-kumpul sama temen-temen Formid buat latihan tari saman dan angklung. Trus temenku nanya makanan ini khas daerah mana ya?? hiks aku ga tau..pokonya dulu pas dibandung ada aku suka beli makanan ini di warung.

    Bahan 
    ketan 1 liter beras ketan
    200 ml santan
    1 lbr daun pandan
    Garam secukupnya
    Bahan Serundeng

    Bumbu halus :
    300 g kelapa parut
    1 sdm ketumbar di sangrai
    2 lembar daun jeruk (buang tulangnya lalu di iris halus)
    1 sdm gula pasir
    2 sdm gula merah
    1/2 sdt asam kandis
    1 lembar daun salam
    1 ruas jari lengkuas
    garam secukupnya
    bumbu yg dihaluskan :
    5 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    3 buah cabe merah

    Cara membuat ketan :
    Rendam ketan selama 15 menit, lalu kukus setengah matang, angkat.
    Masak santan, daun pandan dan garam, santan di aduk terus agar tidak pecah setelah mendidih angkat.
    Masukan santan ke dalam ketan, aduk hingga santan habis terhisap ketan.
    Kukus kembali hingga matang.
    Lalu di bulatkan sesuai selera
    Cara membuat serundeng :
    campur kelapa dengan bumbu yang sudah di haluskan sampai merata
    kemudian di sangrai, di aduk-aduk terus supaya tidak hangus sampai kuning merata.
    Serundeng di tumbuk, jangan terlalu halus, agar tidak keluar minyak
    Serundeng siap di sajikan sebagai taburan ketan.
    penyajian akhir : ketan yg telah dibentuk bulat-bulan ditaburi dengan serundeng. nikmati dengan teh panas :)
    source : dwpresep.blogspot.com dan modifikasi sendiri

    Nasi / Mie Bakmoy

    Bahan :

    1 pack Tahu putih, potong2 dadu kecil, goreng 1/2 matang
    2 pasang Dada Ayam, rebus, potong2 dadu kecil
    5 butir Telur rebus
    5 siung Bawang putih, iris2
    1 sdm Ebi bubuk kering
    Garam, merica secukupnya
    5 sdm Kecap Asin Mushroom
    7 - 10 sdm Kecap Manis (atau sesuai selera)
    saus tiram...

    Kuah Kaldu:
    Sisa kaldu rebusan ayam
    Bawang putih dan jahe tumis
    Garam, merica, gula secukupnya
    Minyak wijen
    Daun bawang iris
    Seledri cincang

    Pelengkap:
    Sambal Kecap
    Air bawang putih ( gak pake, tapi katanya ini bikin tambah enak), bikin nya dari 2 siung bawang putih ulek halus dikasih 10 sdm air mateng

    Cara membuat:
    Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan ebi kering, aduk rata.
    Masukkan ayam rebus dan tahu, dan telur rebus.
    Masukkan sisa bumbu, aduk rata hingga tercampur rata.
    Kuah:
    Panaskan kaldu ayam, masukkan tumisan bawang putih dan jahe serta bumbu lain nya.
    Penyajian:
    Taruh mie /nasi di mangkuk, beri topping bakmoy, siram kuah panas ...

    sop Konro


    bumbunya rada sdikit nyeleneh tapi lumayan enak juga...berhubung ga ada kluwek aku ganti pake bumbu instan rawon.
    Bahan:
    1 kg iga sapi, iris menurut ruas (aku ga pake iga, pake daging biasa)
    2 ltr air
    3 cm kayu manis
    3 btr cengkeh
    3 cm lengkuas memarkan
    2 lbr daun salam
    2 sdm air asam jawa
    3 sdm minyak untuk menumis
    garam
    5 btr bawang merah, iris halus
    Haluskan:
    5 btr bawang merah
    3 siung bawang putih
    1 sdt merica bulat
    ½ sdt pala2 sdm
    kluwek50 gr (ga ada kluwek jd aku pake bumbu instan rawon)
    kacang merah rebus (aku pake tauco)
    garam
    Cara membuat:·
    Rebus iga dengan kayumanis, lengkuas, cengkeh, salam, air asam dan garam hingga empuk.·
    Tumis irisan bawang merah dan bumbu halus hingga harum dan masukkan kedalam kaldu iga.·
    Sajikan panas dengan sambal terasi.

    Wednesday, September 01, 2010

    Puding Ceri


    bahan :
    * 1 kaleng (454) ceri kalengan
    * 1 bungkus agar-agar putih..aku pake yg merah
    * 100 gr gula pasir
    * seperdelapan garam (pkknya dikittt ajaa)
    * 5 sdm susu evaporated
    * 300 ml air
    * 2 putih telur.

    cara :
    * Proses ceri kalengan berikut air buahnya dalam blender hingga halus. hasilnya 450 ml cari kelengan, sisihkan
    * Taruh agar2 bubuk, gula pasir, dan garam dalam panci. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil di aduk searah hingga rata. Tambahkan air dan ceri halus. aduk rata. Jerang diatas api sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan matang. angkat.
    * kocok putih telur dengan mixer hingga kaku. Tuang larutan agar-agar panas setiap satu sendok sayur ke dalam putih telur kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah hingga manjadi adonan busa yg rata, matikan mixer dan sisihkan.
    * tuang adonan ke dalam loyang yg sudah dibasahi air matang. Biarkan puding membeku. Simpan dalam kulkas hingga waktu saji.
    source : Rinto Habsari dalam buku puding susu +busa

    daging serundeng


    kalo bukan buat acara ngumpul-ngumpul males banget bikin ini..gampang seh bikinnya...cuma kudu sabar...aduk mengaduknya itu lho. Kebeneran sabtu kmaren ada acara farewell mba Iyul. di Große Garten..niat awal seh bikin gepuk..eeh berhub si daging dah dipotongin kecil2 sama tukang dagingnya, langsung mikir 180 drajat.ini kudu ganti menu...jadilah bikin serundeng daging.
    dan senengnya temen-temen di Dresden pada suka...ehm jd tersanjung...ini resepnya temens2...

    Bahan :
    •  1  kg daging
    •  300 gr kelapa kering
    •  3 lembar daun salam
    • 2 lembar daun pandan ( bisa dihilangkan)
    • 1 ruas ibu jari laos digeprak
    • 2 lembar daun jeruk
    •  2 -3 gandum gula merah (tergantung selera )
    • 1 sdt asam kandis/ asam pasta 
    • 1 sdm ketumbar powder
    •  1 /2 sdt jintan powder
    • garam

    bumbu yg dihaluskan :
    • 3 siung bawang merah
    • 6 siung bawang putih
    Cara :
    • pertama aku bikinnya di panci atau presto biar cepat : masukkan smua bahan diatas dan rebus sampe si daging lunak dan air meresap, aduk sekali2 aja.
    • fase uji kesabaran neh hehehe.....pindahkan  daging dan kelapa dari panci ke dalam wajan...masak dan aduk-aduk sampe kelapa kering...
    • selamat mengaduk-aduk :)

    Vindaloo Curry


    Kalo menurutku Vindaloo neh rendangnya orang India..rasanya mirip-mirip rendang dan rasanya juga asli aslinya pedaassss dan sedikit asam, cuma waktu aku masak dibikin pedas sedang dan ga begitu asam, malah aku tambahin gula pasir segala . Kalo ga mau ribet dengan bahan-bahan makanan ini, cukup beli pasta yang sudah siap pake juga enak ko.
    Bahan : 
    • 1 kg   Daging sapi /daging ayam/ daging domba.
    • 15 buah cabai merah kering (aku pake cabe merah segar) 
    • 5 siung bawang putih besar
    • 1 siung bawang merah, potong dadu
    • 3 cm jahe, memar 
    • 2 sdt biji cengkeh  yg udah dipanggang 
    • 1 sdt biji ketumbar panggang 
    •  1 sdt jintan
    • 10 biji  kapulaga
    • 1 sdt batang kayu manis 
    •  asam kandis 
    • Cuka 2 sdm

    Cara : 
    • Rendam cabai kering dalam air panas semalam.  haluskan
    •  Tumis bawang merah, bawang putih , jahe sampai harum 
    • masukkan   jintan , ketumbar,dan cengkeh 
    • tambahkan potongan  ayam / sapi / potongan daging domba 
    • Tambahkan cabe yg udah dihaluskan , kayu manis dan biji kapulaga, asam dan cuka
    •   Tambahkan 2 cangkir air, tutup dan masak sampai lunak
    •  Tambahkan 1 cangkir santan kental
    Source : http://cookingetcetera.wordpress.com/2008/10/21/screamin-hot-vindaloo-curry/

    nasi liwet tomat

     Ini cuma variasi nasi, soalnya bosen makan nasi putih mlulu..
    cara bikinnya sama kaya bikin nasi pada umumnya di rice cooker. Cuma ditambah saus tomat, merica, susu sedikit, irisan bawang bombay, garam..dimasak deh pake rice cooker....dimakan anget-anget dengan abon , telur ceplok atau ayam goreng..enakkk.

    Sunday, August 29, 2010

    Pie isi kacang hijau


    punya sisa isi kacang hijau bekas bikin onde-onde..sayang kalo dibuang. akhirnya beli kulit pie  yang udah jadi trus dibentuk ala bakpia.

    Ingredients:
    kulit pie beli di supermarket
    kuning telur untuk olesan

    isi :
    200 gr kacang hijau tanpa kulit
    150 gr gula pasir
    1/2 sdt garam
    1 lembar daun pandan
    1 gelas air
    Directions:
    buat isi : rendam kacang hijau kurleb 2 jam.
    kukus kacang hijau dan daun pandan hingga matang, angkat dan haluskan.
    Campur kacang hijau, daun pandan, gula dan garam..tambahkan sedikit air. masak sampe kering.
    giling kulit pie..masukkan kacang hijau..bentuk bulat atau sesuka hati..olesi dengan kuning telur dan panggang dgn oven 180 C selama 30 menit.
    bisa tahan sampe 3 hari.

    Omelet Mie

    Menu makan siang aa kebeneran aku masih punya banyak sisa mie bekas bikin bakso.
    campur : Mie yang sudah di rebus (aku pake mie instan) , garam, merica, daun bawang, bawang bombay, garam, kari bubuk, potongan cabe segar, telur aduk. trus masukkan ke pan yg dikasih minyak atau margarin  sedikit dan sudah panas. tutup dengan tutup panci..kalo dah terlihat matang balikkan sebelahnya..tutup kembali...selamat makan kalo aku dihidangkan dengan potongan timun biar seger dan sambel pedas.

    Friday, August 27, 2010

    Dendeng batoko

    eittss maaf -maaf buat orang padang jangan diketawain ya resepnya..ini resep sesuai seleraku hihi

    Dendeng ini asli kiriman dari padang jd bikinnya simple hanya tinggal bikin sambel nya aja
    Ingredients:
    *Daging dendeng yg dah siap pakai
    bumbu balado :
    *cabe merah dihaluskan..kalo aku seh ga suka halus banget jd seneng kalo ada cabe yg kegigit.
    1 siung bawang merah diiris
    1 siung kecil bawang putih dikit aja diiris
    setengah tomat
    garam
    cuka
    Directions:
    *daging yg dah siap pake di rendem dalam air panas selama setengah jam, keringkan trus goreng.
    * tumis bwg merah dan bawang putih, masukkan cabe yg dah dihaluskan, tambah tomat, sedikit cuka dan garam

    kacang mede coklat

     
    resep dari mamahnya Dina..ternyata bikin coklat ini gampang cuma emang kudu banyak tenaga dan kerja cepattt, soalnya kalo dilama-lamain adonanannya mengeras.
    Bahan :
    1 kaleng susu kental manis coklat
    2 batang dark coklat di potong kecil-kecil
    500 gr kacang mede di cincang lalu di sangrai
    cup kecil.
    cara :
    *panaskan susu kental manis coklat dengan api kecil sampe panas. *masukkan dark coklat. matikan api.
    masukkan kacang mede.aduk cepat.
    *cetak dengan menggunakan 2 sendok masukkan adonan ke dalam cup.
    *tunggu sampe coklat mengeras..
    masukkan ke dalam toples.
    *cocok disajikan lebaran Idul fitri, Christmas atau Pesta.

    Thursday, August 26, 2010

    Gulasch Sapi


    Gulasch merupakan salah satu masakan tradisional hungaria. aslinya dimasak menggunakan daging sapi biasa yang dipotong bentuk dadu. Makin berkembangnya makanan ini maka resepnya pun makin beragam.
    resepnya aku liat2 di mba google , youtube dan ngarang sendiri seadanya bahan.

    bahan:
    350 g daging giling atau daging yg udah dipotong dadu-dadu
    250 kaldu ayam/kaldu sapi
    150g kentang, potong bentuk dadu
    1bh paprika hijau dan merah, buang bijinya, potong bentuk dadu
    1btg daun bawang, iris halus
    3sdm margarin tuk menumis
    sayuran : aku pake wortel, bisa jg pake courgette dipotong dadu2
    bumbu:
    5siung bawang merah
    3siung bawang putih
    3sdm tomat pure
    1sdm paprika bubuk
    caraway / jintan bubuk aku pakenya dikiittt ajaaaa
    1 lembar bay leave
    setengah sdt thyme
    garam secukupny

    cara membuat:
    panaskan margarin, tumis bawang merah & bawang putih sampai tercium harumnya. masukan daging, tumis sampai berubah warnanya, tambahkan tomat pure, paprika bubuk, jintan bubuk, tuangi kaldu. masak sampe matang (aku masaknya pake presto).
    setelah daging matang dan presto dibuka masukan potongan kentang, wortel, paprika, daun bawang aduk rata, cicipi, bubuhi garam sesuai selera
    disantap hangat2 dgn nasi / kentang tumbuk/ kentang rebus / pasta
    catatan:
    *klo mau pedes ganti paprika bubuk dgn 2bh cabe merah yg dirajang halus atau saus sambal, tumis setelah bawang tercium wanginya.
    **apabila dimakan dgn kentang tumbuk tiadakan kentang pada bahan gulasch.

     resep lainnya diambil pas kita lagi berkunjung ke Hafni trus dia masak goulash dengan resep ini..enak juga..
    Bahan :
    - 1/2 kg sapi dipotong dadu seperti untuk semur
    - irisan 3 bawang bombay
    - geprekan 2 siung bawang putih
    - Tomatenmark (tomat kental) 3 sdm
    - 1 sdt Thymian (bahasa Inggris thyme)
    - 1 sdt Basilikum (bahasa Inggris basil)
    - air 500 ml dan Gemusebrühe (sejenis royco)
    - garam
    - merica (saya masih tambah 1 sdm makan kecap, bawang goreng dan gula putih)
    - sayurannya dipotong-potong sesuai selera seperti paprika, zucchini, terong ungu dan saya masih tambah wortel

    Cara :
    - Bawang bombay diongseng hingga wangi lalu masukkan daging dan bawang putih, goreng sebentar hingga sedikit berubah warna
    - Lalu masukkan air dan Gemüsebrühe serta Tomatenmark dan biarkan selama 1,5 jam dengan panci tertutup
    - Masukkan potongan sayuran dan garam, merica, basilikum dan thymian serta kecap, bawang goreng dan gula. Cicipi ... bila sudah enak biarkan lagi beberapa saat.
    - Hidangkan dengan mie, roti baguette atau nasi (enaknya nasi Turki yang kuning besar-besar)

    source : http://cahayahati.multiply.com/recipes/item/62/Gulasch_Sapi_Dengan_Sayuran

    Manok Masak Mirah / Gulai Ayam Aceh


    Dapat resep asli dari orang Aceh dan dijamin enakkkk...
    Makasih mba Zahra..parah-parah setelah bikin ini aa doyan banget dan nambah beberapa piring..bisa2 aku sering bikin neh.
    oiya aku copy resep aslinya yaa..tp sorry aku rubah dikit menurut aku biar gampang hihi.
     
    Bahan
    *1 ekor ayam dipotong-potong, digarami dan diberikan jeruk nipis atau asam jawa.
    * kentang dikupas dibelah empat (aku ga pake)

    Bumbu 1:
    Haluskan:
    Cabe merah 1/2 ons
    Bawang merah 3 siung
    pala 1/4 buah
    Lengkuas 1 cm
    Ketumbar 3 sendok makan
    bawang putih 5 siung, jahe 1 cm
    kunyit 1,5 sdt
    U neulhee* 4 sendok makan (kelapa gonseng yang telah dihaluskan)
    santan 250 ml

      
    Bumbu 2, Untuk menumis:
    • Bawang merah 2 siung diiris
    • Cengkeh 5 butir
    • lawang (keluwang) 2 buah
    • Serai 1 batang dimemarkan
    • daun salam 4 lembar
    • Daun kari 5 lembar
    Cara:
    1. Bumbu halus dan U neulhee diaduk ke dalam ayam. Tambahkan sedikit santan.
    2. Tumis bumbu 2, sampai harum. Masukkan ayam (1)
    3. biarkan mendidih. Tambahkan air. bila sudah setengah matang, masukkan santan.
    4. Terakhir masukkan kentang. Biarkan sampai empuk dan kuahnya kental.
    5. Angkat, hidangkan.
    resep asli bisa dilihat disini :http://zahrafona.multiply.com/journal/item/45/Manok_Masak_Mirah_Gulai_Ayam_Aceh

    sop kacang merah tetelan

    Dihidangkan dengan tahu atau tempe goreng, sambel terasi, timun, ikan asin, dan krupuk yummyyy

    bahan :
    * tetelan daging sapi
    *250 gr kacang merah segar ( aku pake kalengan  rode kidneybonen zonder saus).
    * 1 buah cabe merah iris-iris
    * 1 buah bawang merah iris-iris
    * 2 buah bawang putih iris-iris
    * setengah buah tomat
    * setengah sdt asam
    * 1 lembar daun salam
    * 2 cm lengkuas digeprak
    * garam
    * gula merah
    * kaldu sapi (sedikit kalo suka)

    cara :
    ** rebus tetelan sampe lunak.
    * buang air kacang di kaleng, bersihkan dengan air, kalo pake kacang segar. rebus kacang bersama daging hingga matang
    * masukkan semua bahan kecuali tomat. hidangkan.

    Wednesday, August 25, 2010

    binthe biluhuta atau milu siram atau milu jagung

    Nama makanannya binthe biluhuta atau milu siram atau milu jagung. lucu yaa  judul masakannya ada family name segala.. makanan ini pertama kali kucoba saat aku ngajar di Bandung. kebeneran aku ngajar di yayasan yg pemiliknya orang Gorontalo. Awalnya pas kucicip biasa aja tapi karna dah sering aku malah jd suka. sebelum kesini aku minta resepnya ma temenku..ternyata caranya mudah, bahannya gampang di dapat, sehat, dan harganya paheee...
    slurpppppppppp dingin-dingin makan binthe asem-asem pedessss..apalagi kalo bikinnya pas lagi musim dingin gini....lekker

    bahan :

    * ikan cue dirobek-robek / kalo temenku pake ikan tongkol n kalo aku ikan tuna kalengan with water.
    * udang yang ukuran kecil-kecil/ ebi
    * jagung kalengan
    * kelapa kering
    * daun kemangi kalo ada dipotong kecil2 kalo aku pake boerenkol yg lg murah
    * daun bawang di potong kecil2
    * bawang merah diiris-iris
    * cabe merah atau cabe rawit dihaluskan / sambel ulek
    * jeruk lemon
    * garam

    cara :

    * didihkan air kemudian masukkan ikan tuna, udang, bawang merah, kelapa kering, garam.
    * terakhir masukan jagung, daun kemangi dan daun bawang
    * sajikan dengan perasan lemon dan sambel cabe rawit.

    sop jagung kepiting

    Bahan :
    2 kaleng jagung
    1 kaleng / 100 gr daging kepiting
    daun bawang di rajang secukupnya
    penyedap ayam
    3 sdt maizena
    1,5 sdt lichte soyasaus
    1 liter air
    garam
    merica
    bawang putih di geprak trus di cincang kecil-kecil

    Cara :
    * haluskan jagung dgn menggunakan blender
    * smua bahan di atas dicampur, masak sampe mendidih.
    * tambahkan larutan maizena, kocok cepat., hidangkan. Kalo aku dihidangkan tetep pake sambel pedes...hihi biar segerrr
    note : kepiting bisa di ganti dengan potongan ayam filet.
    source : Anne Wilson, Chinees koken.

    Cumi sambel cabe hijau

    saya beli di toko asia cumidalam bentuk kering dan dsimpen di freezer..Ternyata di rendam tetep keras, di rebus tetep juga keras..akhirnya aku presto dulu.Setelah menunggu beberpa tahap akhirnya  si cumi empuk ,eank dan  manis..Dan akhirnya aku bikin cumi sambel cabe ijo, walaupun penamkannya tidak hijau

    Bahan :
    cumi kering / cumi segar/ cumi ikan asin
    garam
    daun jeruk
    serei di geprak
    jahe di geprak
    bumbu yg dihaluskan :
    cabe ijo yg banyak
    cabe rawit
    bawang merah
    bwh putih

    Cara
    *berhubung aku beli cumi yg dah dikeringkan jd cuminya kudu di potong2 sesuai selera, rendem dengan air panas atau langsung rebus yg agak lama..sampe si cumi empuk (kalo aku di presto)
    *tumis bumbu yg dimasukkan sampe harum, tambahkan daun jeruk, serei, *jahe, cumi tambahkan garam.
    *hidangkan dengan nasi panas

    Crispy jamur

    Description:
    nemu lagi neh jamur tiram di toko asia...dan lg pengen bikin cemilan yg gurih2 akhirnya bikin ini deh :)
    Ingredients:
    500 gr jamur tiram
    tepung beras / tepung maizena / tepung tapioka / tepung terigu/ terpung kobe
    kalo pake terigu tambahin baking powder dikit aja
    garam
    merica
    ketumbar
    penyedap
    Directions:
    * Sobek-sobek jamur tiram
    * Didihkan air, rebus jamur sebentar. Tiriskan jamur, keringkan jamur dengan menggunakan lap.
    * tambahkan garam, ketumbar, dan penyedap. aduk2..tunggu beberapa saat sampe meresap.
    cara 1 : masukkan jamur kedalam tepung , lakukan sebanyak 2x. 
    atau bisa dgn cara ke 2: bagi adonan tepung basah, dan tepung kering, Masukan jamur kedalam adonana tepung basah, kemudian gulingkan ke dalam adonan kering 2x.  Masukka ke ke dalam saringan dan tepuk-tepuk. goreng dengan minyak banyak dan panas.
    kalo dah dingin masukkan toples...siapkan untuk temen blajar , nonton tv atau nge net :)

    sambel teri cabe ijo


    penampakannya maaf2 ga begitu hijau soalnya stok cabe hijauku habis jd aku tambah cabe merah dan cabe rawit merah

    Ingredients:
    teri 1 bungkus
    6 batang cabe ijo yg banyakk
    cabe rawit ijo secukupnya (aku punya nya cabe rawit merah)
    1 buah tomat kecil
    daun jeruk 1 lembar diiris-iris
    2 siung bawang merah
    1 siung bawang putih
    garam kalo kurang asin (dicoba trakhir)
    sdikit gula pasir kalo keasianan

    Directions:
    cuci bersih teri, tiriskan dan goreng
    rebus cabe dan tomat . kemudia ulek tp jgn terlalu halus.sisihkan
    rajang bawang ,sisihkan
    tumis bawang dengan minyak sisa goreng teri sampe harum. masukkan cabe dan tomat yg dah dihaluskan.
    masukkan teri aduk-aduk..
    hidangkan dengan nasi panas..
    dijaminn nikmatt makan

    source : anu &;uyung

    terong goreng isi ayam dan jamur kuping


    Description:
    terinspirasi dari cerita mas wangsa tentang si terong yg dibikin model gini..isinya bisa dibikin variasi apa aja tergantung selera, karna dirumah punya sisa ayam goreng ya udah di bikin gini deh
    Ingredients:
    1 buah terong besar
    50 gr ayam suwir
    1 buah bawang bombay di rajang
    2 buah bawang putih di rajang dadu2
    3 lembar jamur kuping di potong dadu2
    garam
    merica
    saus tiram
    daun bawang
    minyak goreng

    Cara :
    *belah terong, lubangi tengahnya (bagian tengah terong jgn dibuang, potong dadu dan campur dengan bahan isi) .
    *goreng terong dengan sedikit minyak dan api kecil sambil wajan ditutup
    atau kalo mau sehat Terongnya di wrap alumunium foil trus di oven.
    *tumis bawang bombay dan bwg putih, masukkan smua bahan diatas aduk2. sampe matang.
    * hidangkan diatas piring terong dan isi dengan tumisan ayam & jamur. taburi diatasnya dengan daun irisan daun bawang.

    sayur godog pepaya teri

    Bumbunya kaya bikin lodeh atau opor.

    Bahan : 
    1 pak Pepaya muda  yang duah diserut (aku belu dalam bentuk frozen)
    250 cc santan
    1 batang serai
    1 ruas lengkuas
    1 sdt garam, 
    1/2 sdt ketumbar 
    1 lembar daun salam

    bumbu yg dihaluskan:
    2 siuang bawang merah
    2 siung bawang putih

    Cara : 
    tumis bumbu yang dihaluskan, masukkan rempah-rempah tambahkan air , teri dan santan sampe mendidih, terakhir masukkan pepaya. Tambahkan juga cabe rawit kalo suka dengan rasa pedas.



    Monday, August 23, 2010

    kue bawang


    Hasil "Happy home baking part 3" bersama ibu-ibu Dresden kali ini bikin makanan favorit aku kue bawang.

    Bahan : 
    1 kg tepung terigu
    50 gr mentega
    150 gr bawang merah, dicincang
    5 siung bawang putih
    1 buah telur
    garam
    seledri diiris tipis
    santan 1 gelas 

    Cara :
    1. Masukkan terigu dan mentega ke dalam wadah.
    2. ditempat terpisah masukkan semua santan, garam, merica, telur, bawang merah, bawang putih, merica.
    3. Campur bahan no 2  ke adonan tepung tepung sedikit demi sedikit biar adonan tepung tidak berbulir-bulir sampe kalis.
    4. bagi adonana beberapa bagian, gilas tipis, kemudian gunting adonan berbentuk trapesium atau segitiga.
    5 Goreng dengan api sedang.

    source : mba Indri


    Sunday, August 22, 2010

    Donauwelle

    cake ala Jerman neh..

    bahan : 3 telur
    125 gula pasir
    100 ml minyak gorenk
    100 ml susu cair
    200 g tepung terigu + 1/2 baking powder
    2 sdm Nutella atau selai coklat
    1 gelas sauerkirschen yang udah dipisahkan air dan buahnya (buahnya dikeringkan) atau buah ceri.
    cara :
    - Kocok telur, gula, minyak dan susu dengan menggunakan mixer atau di aduk cepat tanpa mixer.
    -tambahkan tepung
    - siapkan loyang yang tinggi yang sudah di alasi kertas kue.
    -masukkan 3/4 adonan.
    - 1/4 adonan (sisa adonan) di tambah dengan nutella.
    - ambil adonan coklat dengan sendok...masukkan ke dalam loyang..dituangi sedikit demi sedikit sampai menyerupai zebra (ahh ribet jelasinnya).
    - masukkan Kirschen
    - oven selama 30 menit, 180°C
    sambil menunggu adonan ke 1 kelar...
    2. Creme
    bahan :
    200 g Frischkäse
    200 g Schmand
    2 sdm gula pasir
    1 bungkus pudding rasa Sahne
    200 gr Sahne, di kocok tersendiri sampe mengental,
    cara :
    - campur Frischkäse, Schmand, gula pasir, 1 bungkus pudding rasa Sahne.
    - Sahne, di kocok tersendiri sampe mengental
    - campur Sahne dengan adonan diatas. tambahkan 50 gram parutan coklat. aduk rata.
    -Setelah adonan ke 1 matang, keluarkan dari oven dan dinginkan.
    - Kue di balik..kemudian masukkan kembali kedalam loyang..campur dengan Creme...simpan 1 hari di kulkas atau sampe terlihat bagian creme mengeras.

     

    English Triffle

    English Triffle

    Lihat di flickr mba Agnes.jd kepengen bikin ini...ternyata bener gampang bungetttt...enak lagi :). Cuma aku rusak dikit step by step nya hihi..maaf ya mba..maaf ibu Estrelita..Jadi topping yg kudu nya di hias pake kacang doang, aku tambahkan buah2an biar cantik ceritanya,,,trus pinggirnya aku hias pake potongan Kiwi dan strawberry..
    Bahan :
    -2 bungkus pound cake coklat, potong kotak2 sebesar bite size (cake nya aku beli jadi)
    -500 cc vla (aku pake vla vanila Oetker yg dalam kemasak bubuk.)
    -1 kaleng fruit cocktail ( kaleng yang besar)
    -100 gr cream bubuk yang sudah manis atau 200 cc cream cair (slagroom/Sahne) manis kocok sampai kaku.
    -100 gr kacang mete coklat kalau gak ada ya kacang mete biasa atau kacang apa saja yang sudah di roast. Masukkan kantong plastik, pukul kasar2 supaya agak hancur kasar.
    -2 buah kiwi potong dua, potong agak tebal dan 6 buah strawberry potong jadi 2 .
    Cara :
    - Kocok Sahne/ Campur cream yang sudah dikocoksampe kaku
    -Buat lah Vla sesuai perintah dalam kemasan.
    - Campur Cream dan Vla. kocok bersama2,
    -masukkan lemari es agar tetap dingin.
    -Bagi kue menjadi 3 bagian. Tiriskan Fruit cocktail; potong2 buah segar.
    Susun 1/3 dari potongan kue coklat, didasar wadah, taburi dengan separuh buah kaleng , siramkan vlanya sebagian. kemudian atur lagi kue coklatnya, taruh vla sisanya buah kaleng, atur buah segarnya dan terakhir taburi mete coklat.
    Baiknya disajikan dingin2.....
    (upss bagian ini yg aku rusak...kalo aku bagian bawah Kue, trus disiram vla, buah2an, dan tabur dengan kacang)

    Sumber: Ibu Estherlita

    Cup Cakes

    Pesenan cup cakes di musim winter,  buat acara  kumpul-kumpul dengan para kolega nya...kata nya seh cup cake ku ini laris manis. alhamdulillah :)

    Cup cakes pake resep NCC.

    nasi uduk cinta

    Mencoba bikin variasi nasi uduk biar seru...kebeneran yang pesen ini pas buat ngerayain ultah pacarnya.

    Tumpeng perpisahan

     

    Martabak mesir


    Menu tajil diacara formid aku udah berniat bikin martabak mesir. Daging cincang dah aku bumbui sebelumnya, sambil nunggu dingin aku pergi ke saigon..wadowwwwww..ternyata kulit spring roll disana habis..hiksss. Tadinya aku dah mo ganti menu aja.
    Tapi karna sayang daging udah dibumbui...akhirnya aku bikin kulit sendiri...mungkin emang udah waktunya kudu belajar bikin kulit sendiri. Browsing di internet ternyata bikin kulit gampang juga cuma emang rada resep step-step nya . Dan dapat lah resep milik blog mba Nunung dan web info resep...aku bikin 3 macam adonan neh ....biar aku tau mana bedanya. Nah menurutku kalo di lihat dari rasa lebih enak kulit yang menggunakan telur, tapi kalo kelenturan aku lebih suka resep kulit yang ke 3. Ok deh selamat mencoba...:)


    Resep Bahan Adonan Dasar Kulit Martabak:
    A. resep 1
    100 gram tepung terigu
    air matang secukupnya
    2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
    1 sdm minyak/margarine cair
    garam secukupnya

    B. Resep 2
    • tepung terigu protein sedang 250 gram
    • margarin kurang lebih 100 gram, untuk olesan
    • telur ayam 1 butir
    • garam secukupnya
    • air 125 ml
    c. Resep 3
    • tepung terigu protein sedang 300 gram
    • garam secukupnya
    • air 175 ml
    • minyak goreng kurang lebih 300 ml

    CARA MEMBUAT KULIT:
    Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng, diamkan selama 1-2 jam. untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet .
    Cara dan Bahan  Isi martabak :

    Bahan Isi :
    300 g daging giling
    2 batang daun bawang dan batang  bawang diiris,(kalo aku pake poree, atau leek atau pure)
    6 sdm bawang bombay iris
    4 bawang putih, haluskan
    1 sachset bumbu kari pasta atau bumbu gule
    6 butir telur
    merica dan garam secukupnya.

    CARA MEMBUAT ISI :
    Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan bumbu gule atau kari pasta, tambahkan merica, dan irisan dari 1 batang daun bawang dan garam. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut.Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.

    Pelengkap
    Kuah :
    2 sdm kecap asin
    1 sdt air asam jawa
    irisan bawang merah atau bawang bombay
    garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
    irisan cabe rawit
    acar  ketimun
    2 sdm air matang

    Cara membuat Kuah
    campur smua bahan kecuali timun. Berhubung aku punya sisa kuah pempek jadi aku pake bumbu pempek dan aku tambah kecap, cabe rawit dan bawang bombay.

    Penyeleseian :
    Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar, kemudian pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).

    Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling, irisan 2 batang daun bawang, irisan bawang bombay, garam, merica. Aduk-aduk.

    Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang.Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.

    source : http://blog-food.blogspot.com/2007/02/martabak-telor-istimewa.html dan
    http://inforesep.com/

    Friday, August 20, 2010

    jamur chrispy

    Foto: Ahmad Fadilah
    Bahan:
    400 gr jamur shimeji
    3 btr putih telur
    minyak goreng
    Bumbu Kering:
    150 gr tepung terigu
    100 gr tepung maizena
    ½ sdt lada
    1 sdt garam
    ½ sdt kaldu instan
    Cara Membuat:
    1. Cuci bersih jamur, tiriskan. Keringkan jamur dengan serbet.
    2. Campur tepung terigu, maizena, lada, garam, kaldu instan. Aduk rata.
    3. Campur semua bahan bumbu kering, lumuri setiap jamur dengan putih telur, lalu gulingkan dalam bumbu kering hingga rata.
    4. Panaskan minyak, goreng jamur sampai kering. Angkat, tiriskan.
    Untuk 6 porsi

     source : Nova

    steak sayap ayam

    Bahan:
    10 bh sayap ayam
    ½ sdt garam
    ½ sdt lada bubuk
    1 sdt kecap inggris
    ½ sdt garam
    ½ bh bawang bombai, cincang
    2 siung bawang putih, cincang
    1 sdm kecap inggris
    1 sdm kecap manis
    ½ sdt lada hitam bubuk
    1 sdt garam
    200 ml kaldu ayam
    2 sdm mentega
    Pelengkap:
    wortel rebus, potong-potong buncis, rebus
    kentang goreng
    Cara Membuat:
    1. Lumuri sayap ayam dengan garam dan lada bubuk, diamkan 15 menit.
    2.  Panaskan mentega, masukkan sayap ayam, masak sambil diaduk hingga kecokelatan, sisihkan.
    3. Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan sayap ayam, kecap inggris dan kecap manis.
    4. Bumbui lada hitam, garam dan kaldu ayam, masak dengan api kecil hingga kuah mengental. Hidangkan dengan pelengkap.
    Tip: untuk steak , pilih sayap ayam yang gemuk.
    Untuk 5 porsi

    source : Nova 

    Cup cake 'emosi'

    Pas mau foto kue ini udah keburu ditungguin neh sama yang ultahnya..mana kesiangan lagi katanya..huaaa cepat-cepat daku foto biar ada kenangan walopun hasil fotonya ga cantik.
    Aku pengen banget bikin kue variasi emosi..hihi baru sekarang deh dapet korban...ternyata ga gampang juga lhoo..butuh emosi juga buat bikinnya. 

    kebon binatang cup cakes

    Nah yang ini temanya jungle cap cakes...walopun ga mewakili binatang yang ada di kebon binatang. Dan ini masih sama pesenan ultah Hakim ke 6.
    .
    Related Posts with Thumbnails