Leelou Blogs

Sunday, February 27, 2011

cake 'forever Friend'

Cake sederhana buat ulang tahun Ryan ke 21...:)

Cake Sederhana

Cake ini pesenan mba Titin buat suaminya yang lagi ulang tahun ke 41. Cake nya aku bikin lapis surabaya. Dan topping nya pengen sederhana dan berwarna putih. 
Pengalaman kalo lagi ada pesenan apapun jangan dinanti-nantikan...tadinya si cake ini mo pake fondant dan lilin angka 42..eehhhh teryata karna belinya ngedadak ya si toko kue dah tutup dunk..jadinya aku pake cream biasa aja.

Thursday, February 24, 2011

Brocoli tetep cantik saat dihidangkan

Agar Brocoli  tetep cantik , segar dan hijau saat dihidangkan sebaiknya di rebus dahulu dengan larutan air, baking soda dan garam. dimasak setengah matang dan kemudian masukkan kedalam tambahan makanan misalnya capcay.

Selamat mencoba :)

Sunday, February 13, 2011

Ikan Kembung & tumis bawang

Bahan :
  • 4 buah Ikan kembung yang udah dicuci bersih
  • rendam dengan 1/2 sdt bwg putih powder dan 1/2 sdt garam
  • minyak goreng
  •  Bawang merah 2 buah
  • 1 buah tomat
  • 5 cabe rawit
Cara :
  • Goreng ikan sampei kecoklatan
  • tumis : bawang merah, tomat dan cabe rawit kasih garam sedikit.
  • Hidangkan diatas ikan goreng.

Roti Goreng


Kalo punya roti yang sebentar lagi  expire, atau kalo dah bosen makan roti sisa jangan panik....dibikin roti goreng aja bersama teh panas atau kopi..sedappp.
Roti goreng ini selalu siap sedia di kantin zaman SMA dulu,   menemani ku kalo saat itu ga sempet sarapan di rumah. Thx ibu kantin..dan hari ini roti goreng menemani kami membaca berita dan secangkir kopi :D

Aku tulis resepnya ga pake takaran dikira2 aja yaa :)
Bahan tepung : Terigu, daun bawang, merica, garam, penyedap (bisa ditiadakan), air....(berhubung disini pasokan susu melimpah jd aku campur antara air dan susu cair).

Cara : campur semua bahan . Adonan jangan terlalu encer atau kental. Masukka potongan roti, goreng dan sajikan.




Saturday, February 12, 2011

Baso Urat Imut

Hasil praktek baso yang diajarin Ria..bener ternyata baso nya enakkk walopun udah di frozen tetep aja bentuk  bulat dan rasanya tetep enak dan ga jadi  lembek. Thx Ria buat resepnya. izin tulis di blog ku biar ga lupa :) 

Bahan :
1 kg daging cincang
500 gr  daging ayam yang sudah halus
2 buah telur
1 bungkus (15 gr) baking powder (kalo pengen hasil baso nya rada keras dan kenyal, tapi kalo ga suka keras gunakan 5 atau 10 gr saja)
10 sdm tapioka
Bumbu: garam, merica, penyedap, bawang putih powder sedikit gula pasir sesuai dengan selera.
bawang merah goreng(saya pake bawang bombay goreng )

Cara :  
Masukkan daging cincang , daging ayam, bumbu dan telur kemudian uleni sampai rata. Masukkan tapioka sedkit demi sedikit sampai semua bahan tercampur.
Bentuk bulat kecil dan masukkan kedalam air yang mendidih, bila baso sudah mengapung diatas permukaan air bertanda baso sudah matang.
Nikmati bersama kuah baso, sambel, kecap, mie, basodan sayuran.
selamat menikmati .

source : Ria

Monday, February 07, 2011

Gule Kambing (edisi pake yoghurt)

resep andalan nya a Ipank...enak banget..tapi kalo aku tanya resepnya selalu ngeless truss..alias rahasia kayanya hihi...ya udah akhirnya coba-coba sendiri aja..rasanya emang sedikit beda seh tapi lumayan lah mirip-mirip. Gule kambing ala india tepatnya karna pake yohurt..aneh pan??..tapi pas dicoba enak ko..segerrr :)

bahan :
1 kg daging kambing yg masih banyak lemak dan  bertulang :)
500 gr yoghurt
5 buah bawang bombay diiris ( pokoknya bawang bombaynya yang banyak)
3 buah bawang putih diiris
5 buah cabe merah diiris
2 buah tomat diiris
bumbu gule yg udah jadi
garam
gula pasir
kecap
saus tomat
penyedap
daun jeruk
daun salam
lengkuas
jahe
sambel ulek/ paprika powder / chili powder

cara :
*tumis bawang putih dan bawang merah sampe harum.
*masukkan bahan2 diatas (kecuali yohurt dan daging kambing) tumis kembali sampe harum.
*masukkan daging tumis sampe berubah warna
*trakhir masukkan air dan yoghurt. masak sampei daging empuk
*slurrpp enakkk

Ducks in a Lake Cake

Cake ini dibikin khusus buat farewell Fatur di Kindergartennya..pesenannya dadakan ditengah2 saya pindahan rumah.
Menghias kue nya pagi hari..karna waktunya sempit ya udah dihias cake tanpa banyak menggunakan spuit akhirnya bikin yang gampang2 bikin laut ajat..tapi diatas nya disimpen bebek hihi ga nyambung ya...kalo bebek pantasnya hidup di danau kali ya..maksa.
laut atau lake nya dibikin dari campuran sahne, cream dan mascarpon.
yang warna hijaunya baru dibikin dari butter cream.

Saturday, February 05, 2011

Udon dan baso seafood

Sebenernya ini menu instan...waktu itu Lola dateng ke rumahku..trus kita jalan2 keliling Dresden..pulang2 dah tepar deh..berhubung lapar ya sudah lah masak yg instan aja.


Bahan :
Udon + bumbu instan (udah dalam kemasan)
seafood ball
sayuran : sawi / jamur shitake / bayam
daun bawang
minyak wijen
saus ikan
merica

Kaldu :
air
udang
jahe
bawang putih di haluskan

Cara :
tumis bwg putih yg udah dihaluskan, masukkan bahan kaldu..rebus sampe matang..masukkan seafood ball.tambahkan garam, merica, saus ikan, minyak wijen, bumbu instan.
tata di mangkok udon , sayuran siram dengan kuah..taburi daun bawangd an bawang goreng...

Coto Mangkasara


contekan resep dari blog tetangga plus info dari temen asli makasar.
 
bahan :
* 1 kg jerohan sapi (babat, usus, jantung, paru, hati, limpa), aku ga pake
* ¼ kg daging sapi sandung lamur
* 2 batang serai, dimemarkan
* 5 cm laos (lengkuas). dimemarkan
* daun salam
* air taji untuk merebus (air cucian beras)

pelengkap :
* 2 batang seledri, iris halus
* 2 batang daun bawang, iris halus
* bawang goreng
* nasi atau lontong
* kecap manis
* sambel tauco (resep bisa dilihat disini)
* jeruk nipis

bumbu yg dihaluskan :
* 4 siung bawang merah
* 8 siung bawang putih
* 1½ sdm ketumbar, disangrai
* ¼ sdt jintan, disangrai
* ½ sdm merica bulat, disangrai
* 50 gram kacang tanah, disangrai, buang kulit arinya (aku pake pindekas jd ga usah di tumis)
* 1-2 sdm taoco
* 6 buah cabai rawit
* garam secukupnya

cara :
* Rebus daging dengan air taji, jerohan, serai, dan laos dengan air sampai matang dan lunak.
* Ukur kaldu sebanyak 1¼ liter, sisihkan.
* Potong-potong jerohan dan daging sapi.
* Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng sampai harum. Masukkan tumisan bumbu dan pindekas /kacang yg udah dilembutkan ke dalam kaldu yang sudah disisihkan. Rebus kaldu sampai terasa enak.
* Siap dihidangkan. Letakkan potongan jerohan dan daging ke dalam mangkok, taburi dengan bawang goreng, dauh bawang, dan seledri. Jika suka, tambahkan kecap manis, sambal tauco dan jeruk nipis. Hidangkan dengan nasi.

resep coto makasar lainnya di blogku: :http://nisamufti.multiply.com/journal/item/112/coto_mangkasara
source:http://www.melroseflowers.com/MKIC/resep/kuah/coto_makasar.html

Makan-makan di Nordsee

Ayo-ayoo pecinta ikan cobain makan di Restorant Nordsee..disini bener-bener menyidiakan menu seafood.Harganya variaif dan rasanya juga enak. Kebetulan kemaren daku ditraktir mba Cita dan mba Ning makan siang di resto ini...hmm Leckerrr..
Oiya kupikir kalo ke Nordsee semua dari bahan ikan..jadi aku ga tanya-tanya ternyataa ooowwooww..ada juga tambahan potongan daging hiks..daging babi pulak..untung bukan daku yg pesen. Cuma mba Ning makannya cuma ikan doang ga pake kentang.
Dan ini salah satu menu yang kami pesan.

Kalo ini namanya ikan pangasius di panis, dikasih kentang rebus dan ditaburi peterseli dan mayones.
 Kalo ini pesenanku yummyyy bangett....ikan filet dikasih tepung maizena trus digoreng dan kayanya ada rasa ketumbar, ditambah dengan udang dan kentang rebus...
 Nah ini neh yang tadi kubilang kentang dicampur potongan daging asap. Padahal kayanya enak banget. Ikannya nya kayanya dipanggang pake mozarella..

Sebenernya pilihan makanan disana banyak banget ada juga sushi lho.. :)

Soto Bogor

soto mie aslinya pake daging, tapi berhubung di kulkas ku stoknya ayam jadi lah kali ini aku bikin soto mie ayam Bogor. Apa bedanya sama soto jakarta..hampir sama...cuma sepertinya bedanya bumbu soto ga pake ebi..tp ga tau jg denk secara aku jg nemu resep ini setelah googling.


Bahan :
1 kg ayam potong kecil-kecil
2 lembar daun salam
2 kerat lengkuas
2 kerat jahe
1 batang serai
garam
merica
gula pasir
bumbu yg dihalsukan :
2 sdm ebi
5 siung bawang putih
2 siung bawang merah
10 buat kemiri
pelengkap :
risoles
irisan kol
kerupuk
sambel cabe
irisan seledri dan daun bawang
bawang goreng
irisan tomat

cara :
*rebus ayam bersama garam, merica, daun salam, serai, jahe dan lengkuas.
*tumis bumbu halus..masukkan kedalam rebusan ayam.
* hidangkan bersama bumbu pelengkap

Sop Kambing


bahan :
* 1 kg daging kambing bisa diganti buntut atau daging sapi
* 3 butir cengkeh
* 1 batang kayu manis
* 1 bawang bombay diiris
* 10 siung bawang putih dihaluskan
* merica
* pala
* gula pasir
* 1 buah tomat
* 3 ruas potongan jahe yg udah digeprak
* wortel dipotong dadu-dadu
* kaldu blok rasa daging

pelengkap :
* seledri
* daun bawang
* bawang goreng
* sambel cabe rawit
* kecap manis


cara :
* kalo aku bikinnya pake presto dan kalo tips dari mamahku didihan rebusan daging pertama air kaldunya dibuang biar kuahnya bening dan enak dan ga banyak bulir2 yg warna merah. tapi kalo engga jg gpp.
* siapkan presto, masukkan daging kambing, pala, merica, garam, kaldu blok, cengkeh, jahe, air. tutup panci presto dan masak sampe daging empuk.
* sambil nunggu daging, tumis bawang bombay dan bawang putih sampe harum.
* kalo uap di presto dah hilang...buka dan didihkan kembali, masukkan wortel dan bumbu yang udah di tumis. matikan api. masukkan tomat. seledri dan daun bawang.
* kalo perlu lengkapi dengan sambel cabe, perasan jeruk, taburan bawang goreng, kecap, perkedel dan krupuk

Soto Ayam


Bahan:
1,5 liter air
1 ekor (800 g) ayam buras yang gemuk, potong 8 bagian
3 sdm minyak sayur
2 batang daun bawang, iris melintang 1 cm
1 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan
2 lembar daun jeruk purut


Haluskan:
6 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
2 cm kunyit, sangrai
1 cm jahe segar
1/2 sdt merica butiran, sangrai
1 sdt garam

Isi:
150 g taoge, bersihkan, seduh air mendidih, tiriskan
100 g suun kering, seduh air panas hingga lunak, tiriskan, potong-potong
2 butir telur ayam, rebus, potong-potong
1 batang seledri, iris halus
1 sdm bawang putih goreng
2 sdm bawang merah goreng


Pelengkap:
perkedel kentang
sambal cabai rawit kukus
jeruk nipis, potong-potong
kecap manis



Cara
*Didihkan air, rebus ayam di atas api kecil hingga daging ayam lunak. Sisihkan.
*Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
*Tambahkan daun bawang, serai, dan daun jeruk. Aduk hingga layu. Angkat.
*Tuangkan ke dalam ayam rebus. Masak kembali di atas api kecil hingga bumbu meresap.
*Tiriskan potongan ayam, suwir-suwir kasar dagingnya. Sisihkan. Ukur kaldunya sebanyak 1250 ml dan didihkan kembali.
 
*Penyajian: Dalam mangkuk saji, beri taoge, suun, ayam suwir, dan telur. Tuangi kuah mendidih, taburi seledri, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng.
*Sajikan hangat bersama pelengkapnya

Mie Kocok Bandung


yupiiii..senangnya pas ke slagerij nemuin kaki sapi...dah tahunan ga makan mie kocok..dan hari ini terpuaskan :)
bahan kuah :
tulang kaki sapi
Ebi secukupnya, tumis dgn 2 sdm kaldu
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt garam halus / secukupnya
10 potong kikil yang sudah empuk, potong dadu ukuran 1cm

bumbu yg dihaluskan :
1 buah kemiri
1 siung bawang putih
pelengkap :
mie gepeng..aku pake mie telor biasa
1/4 sdt kecap manis
1/4 sdt cuka
1/2 sdt seledri yang sudah diiris
daun bawang yg sudah diiris
1/4 sdt penyedap rasa
1/2 sdt bawang goreng
1/2 sdt tongcai
1/2 ons toge
5 potong kerupuk kulit yang sudah digoreng
1 sdt sambel cabe rawit..hiks daku pake sambel botolan

Cara Memasak
* Tumis bumbu yg dihaluskan sampai harum
* Rebus kaki sapi dan kikil (serta bumbu2) menjadi kaldu untuk kuah.
Rebus mie hingga matang
* Sajikan (tata) di dalam mangkok mie +toge+ sirami dengan kuah. beri taburan daun bawang +daun seledri+ bawang goreng, tambahkan kecap, cuka dan sambel cabe..
* biasanya kalo di Bandung di lengkapi dengan kerupuk kulit atau kerupuk mie putih dan teh botol slurpppp nikmatttt :)

Ikan Asem Padeh


bahan :
* 1 dos ikan filet merk apa aja
* 1 buah bawang bombay dipotong-potong
* sambel oelek/ chili powder
* 1 lembar daun salam
* gula merah
bumbu yg dihaluskan :
* 3 siung bawang putih
* 3 cm jahe
* 5 buahkemiri

cara :
* tumis bumbu yg dihaluskan sampe harum, tambahkan sedikit air , garam, penyedap, gula merah, salam, sambel oelek dan masukkan ikan.
* masak sampe ikan matang
catatan : sambel oelek asin, jd hati2 dengan penggunaan garamnya ;))
source : tante Alma

Ikan bumbu jahe merah


bahan :
* 1 dos ikan filet merk apa aja
* 1 buah bawang bombay dipotong-potong
* sambel oelek/ chili powder
* 1 lembar daun salam
* gula merah
bumbu yg dihaluskan :
* 3 siung bawang putih
* 3 cm jahe
* 5 buahkemiri

cara :
* tumis bumbu yg dihaluskan sampe harum, tambahkan sedikit air , garam, penyedap, gula merah, salam, sambel oelek dan masukkan ikan.
* masak sampe ikan matang
catatan : sambel oelek asin, jd hati2 dengan penggunaan garamnya ;))
source : tante Alma

Ikan Sobek Cabe Hijau


bahan :
* 1 kg ikan filet pangasius atau ikan apa aja
* 1 botol silberzwiebeln ( ujung daun bawang beli di supermarket )
* 100 gr cabe hijau dihaluskan tp todak terlalu lembut.
* 1 batang serai
* 10 lembar daun jeruk
* garam
* merica
* gula pasir
* 1 sdm saus ikan

bumbu yg dihaluskan :
* 2 siungbawang merah besar
* 5 siung bawang putih
* 50 gr cabe rawit
cara bikinnya :
* ikan di goreng setengah matang.
* tumis bumbu yg dihaluskan sampe harum, masukkan daun jeruk, serai aduk sampe harum
* masukkan ikan, garam , saus ikan,dan gula pasir aduk rata.
* trakhir masukkan cabe hijau dan silberzwiebeln

Cumi tumis Hoisin


Udah lama ga makan cumi...emang ya kalo dah lama ga nyicipin rasanya enakkkkk bgt...entah karna efek lapar :).
 
Bahan :
1 kg Cumi , aku beli yg udah di frozen..trs didiamkan sampe ga membeku lagi, dibuang tinta nya.
1 ruas jahe di geprak.
bawang bombay diiris
bawang putih diiris
cabe merah diiris
Hoisin
kecap manis
garam
merica
minyak ikan
daun bawang

cara :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cumi dan sisa bahan diatas...aduk-aduk sampai cumi berubah warna dan matang. terkhir masukkan daun bawang biar terlihat cantik. sayang waktu itu stok daun bawangku habis :(

Ikan Kembung Panggang

sodara-sodara wolaupun penampilannya kaya ikan asin, tapi percayalah ini ikan kembung yang aku panggang di atas wajan.
 
Ikan Kembung yang udah dicuci bersih  direndam dengan garam, bawang putih yang udah di haluskan, sedikit jahe powder dan kunyit powder.  Simpan selama 1 jam di dalam kulkas.
Habis itu panggang diatas wajan sampe kering.
Sirami ikan dengan sambel kecap..slurppp

selamat mencoba :)

Oseng-Oseng Tuna

bahan :
1 kaleng tuna
setengah siung bwg bombay
1 siung bwg putih
cabe merah diiris
1 kerat jahe
1 lembar daun jeruk
garam
gula pasir

cara :
tumis bawang ,
tambahkan sisa bahan
aduk2 sampe matang

Ikan Bakar ala Padang


bahan :
* ikan pompano (rasanya mirip ikan bawal) dibersihkan, perciki jeruk, tambahkan garam. simpan beberapa menit.
* santan kental
* batang serai ujungnya digeprak
* bumbu gule instan
* serai
* daun salam
* daun jeruk
* garam

bumbu yg dihaluskan :
* bumbu gule instan
* cabe merah dihaluskan
* bawang merah
* bawang putih

Cara :
* satukan dalam panci :smua bahan kecuali ikan dan batang serai. aduk-aduk sampe mendidih. sisihkan
* bakar ikan sampe berubah warna. olesi bumbu dengan batang serai ke semua permukaan ikan.
* bakar ikan sampai matang.
* nikmati dengan nasi panas, sambel cabe tomat dan cabe rawit, dan sambel kecap.

Ikan Makarel Kecap

 
bahan :
makarel
bawang bombay di rajang
bawang putih di rajang
kecap
jahe digeprak
daun salam
serei di geprak
lengkuas di geprak
saus tiram
garam
cabe merah di rajang
kunyit serbuk

cara :
*makarel di bersihkan dengan air jeruk/cuka.
*tambahkan ikan yg bersih dengan garam, kunyit dan bawang putih
*goreng dengan api panas.
*tumis bawang bombay dan bawang putih.
*masukkan sisa bumbu diatas tumis sampe harum, masukkan ikan, kecap dan sedikit air.
*masak hingga airnya meresap.
hidangkan

Pepes Ikan Filet


bahan :
* 1 kg ikan filet jenis apa aja..aku pake pangasius
* lemon
* 100 gram kelapa kering
* 1 butir telor
* tomat di belah 8
* jamur dipotong kecil-kecil
* paprika di potong kecil-kecil
* irisan daun bawang
* 5 lembar daun salam
* lengkuas diiris tipis-tipis
* kemangi kalo ada
* cabe rawit kalo pecinta pedes
* garam, merica, kunyit powder, gula pasir, penyedap
* air panas secukupnya
* daun pisang
* alumuniun foil
* bahan perendam : garam, merica dan jahe powder
* bumbu yg dihaluskan :
* 5 buah kemiri
* 2 bawang merah besar / bawang bombay besar
* 4 siung bawang putih

cara :
* lumuri ikan lemon dan bumbu pernedam..simpan 1 jam di dalam kulkas
* tumis bumbu halus sampe harum, sisihkan
* siapkan mangkok, masukkan kelapa kering, siram dengan sedikit air panas.aduk-aduk. tambahkan bumbu yang sudah ditumis, kunyit powder, garam, penyedap, gula pasir, merica, paprika, jamur, daun bawang, salam, serai, lengkuas dan telur aduk -aduk. sisihkan
* bersihkan daun...tata bumbu di atas daun, simpan ikan diatasnya, tambahkan lagi bumbu. lipat-lipat daun.
* lipat kembali dengan alumunium foil
* panggang di oven dengan suhu 190 deg C selama 25
* hidangkan dengan nasi hangat

Ikan Tuna panggang pedas



* ikan filet jenis apa aja..( aku pake tuna )
* jeruk
* garam
* merica
* bawang putih powder / segar
* margarin
sambel mentah
* cabe merah
* cabe rawit
* bawang putih dan bawang merah sdikit aja
* tomat
* garam
* gula pasir

cara :
* lumuri ikan filet dengan garam, merica, dan bawang putih. simpan kira-kira 1 jam di dalam kulkas agar meresap.
* panaskan wajan anti lengket yg sudah di olesi margarin. panggang ikan sampai matang, jangan terlalu sering di bolak balik biar ikan tetep cantik
* ulek semua bahan sambel mentah
* tata di piring ikan panggang dan siram dengan sambal mentah, perciki jeruk biar tambah segar...nikmati dengan nasi hangat...selamat makan

Ikan Sarden daun Melinjo

 
 Resep asal cemplung tapi dijamin enakkkk :)
 
Cara :
1 buah tumis bawang bombay dan 1 buah  bawang putih ditumis sampe harum trus masukin cabe rawit dan cabe merah sesuai selera , cabe merah, tomat, jahe, daun salam, daun bawang, aduk2 sampe harum, masukan sdikit air, garam, gula pasir tunggu masak sampe mendidih trus masukin ikan sarden kalengan dan daun melinjo. masak sebentar ( jgn dibolak balik ).
hidangkan dengan nasi panas..slurppp

Acar Ikan


Bahan :
1 kg ikan..aku pake ikan ga tau namanya apa..mirip kaya ikan gabus.
kunyit powder
merica
daun salam
serei digeprak
daun jeruk
lengkuas
cuka
garam
sdikit gula pasir
santan (kalo ga ada santan bisa pake kemiri)
minyak goreng untuk menggoreng ikan

**bumbu yg dihaluskan :
cabe merah
bawang putih
bawang merah

Cara
cuci bersih ikan dengan jeruk biar ga amis. goreng sampe kekuningan.
tumis bumbu halus sampe harum, masukkan rempah2 diatas. tambahkan sedikit air dan santan, masukkan ikan, garam, merica, gula pasir dan cuka.
masak sampe macak2 (pokoknya kalo kalo kuahnya dah merekap ke ikan matikan apinya).

Kerang asam Manis


bahan :
* 1 kg kerang
* 2 siung bawang bombay diiris
* 2 siungbawang putih di cincang
* saus asam manis secukupnya
* irisan jahe yg dah di geprak
* saus tiram secukupnya
* saus tomat
* sambel abc pedes kalo suka
* merica

cara :
* kerang di cuci bersih.
* rebus kerang dengan air garam sebentar aja. angkat kerang dan sisihkan.
* tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan sisa bahan diatas..
* tambahkan sedikit air
* masukkan kerang , masak sampe airnya agak menyusut
.

Brownies Panggang bumbu spekuk


berhubung hari ini daku lagi ultah..jadi sekali-kali yg ultah ngasih hadiah buat ketringans sbagai rasa 'thx' banget dah jd sahabat setia ku, biarpun kue nya cuma kebagian beberapa potong
 

Bahan:
3 butir telur (saya pakai uk. xl)
150 gr gula pasir (jika kurang suka manis, gula bisa dikurangi sedikit saja)
100 gr tepung terigu
20 gr coklat bubuk )
180 gr margarin
200 gr Dark Chocolate
1/2 sdt garam
60 gr kacang almond utk hiasan
seujung pisau baking powder ( optional )
2 sdm Kismis, potong² dan gulingkan ditepung/coklat bubuk trus diayak spy tepung merata ( optional )
seujung pisau bumbu spekuk ( optional, sekedar tips agar membantu rasa dan aroma kue )
 

Cara membuat:
1. Campur margarine dan coklat, tim hingga cair dan tercampur rata. Sisihkan hingga dingin.
2. Campur tepung, coklat bubuk, baking powder serta bumbu spekuk. Taruh diayakan atau diayak.
3. Kocok telur dan gula sampai kental dan mengembang (warna pucat)
4. Tuang campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk balik hingga rata.
5. Masukkan garam, lalu coklat cair sedikit demi sedikit, aduk rata.
6. Terakhir masukkan kismis, aduk rata.
7. Tuang adonan ke dlm loyang uk 24x24 yg sdh di olesi minyak dan dialasi kertas roti atau bisa juga di olesi mentega dan taburan tepung. Sesudah itu taburi dgn kacang almond.
8. Panggang didlm oven dgn suhu 150-170°c (tergantung oven anda) selama 20-30 meni
t.

Kroket Kentang


resepnya cari-cari di internet tp aku modifikasi biar tambah simple bikinnya..hehehe..dasar pemalas tp pengen tetep ngemil
Bahan
* 4 kentang kuning ukuran sedang ( aku bikin dari pure aardaple atau tepung kentang, aku pake 4 bungkus)
* 2 sdm susu bubuk (aku pake 200 ml susu cair+ 100 air)
* garam secukupnya
* merica bubuk secukupnya
* 2 butir kuning ( ini mah resep tambahan)
panier :
* putih telur, dikocok ringan
* tepung roti
Isi
* 100 gr daging giling
* 2 sdm mentega
* 4 siung bawang putih, rajang kecil2
* 1 bawang bombay ukuran kecil, rajang kecil2
* 100 ml susu cair
* 1 wortel, kupas, rajang kecil2
* garam dan gula pasir secukupnya
* 4 sdm terigu, larutkan pada 100 ml susu cair
Cara membuat
Rebus kentang
kalo pake pure aardaple : didihkan air dan susu cair sampe mendidih trus masukkan 3 plastik pure aardaple, garam dan merica. aduk-aduk, biar ga terlalu lembek tambahkann 1 plastik pure aardaple(tanpa diseduh ya)
Isi
1. Panaskan pan, masukkan daging giling, aduk sampai airnya keluar dan daging empuk
2. Tepikan daging, panaskan mentega
3. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, daging sesekali diaduk agar tidak gosong
4. Masukkan susu dan wortel, aduk semuanya sampai wortel empuk, api kecil
5. Masukkan garam dan gula pasir, koreksi rasa
6. Masukkan larutan terigu, aduk sampai terigu kental sekali, angat, dinginkan
Kroket
1. Ambil sekitar 2 sdm, kentang yg udah dihaluskan, bulatkan, buat lubang ke dalam sampai tepinya tipis, tapi tidak belah
2. Masukkan adonan isi, tutup bagian yang terbuka, bentuk lonjong
3. Panaskan minyak yang banyak, minyak panas
4. Gulingkan kroket pada putih telur, balur dengan tepung roti, goreng sampai kekuningan, usahakan sampai terendam minyak sehingga putih telur langsung matang sekali cemplung
5. Sajikan bersama cabe rawit

Pie bentuk Kotak


berhasill.baru kali ini daku bikin pastry dengan bentuk cantik. beberapa kali bikin sesuai instruksi di dus bladerdeeg ga pernah bagus...hoho..ternyata ada tehnik khusus dari mba ida dan tresna..thx ya .
hari ini aku bikin pie rasa keju dan coklat.
bahan :
* 1 bungkus bladerdeeg / kulit pastry
* keju
* coklat
* kuning telur buat olesan
aku bagi2 ya tehnik jitu dari mba ida..
* Isi bladerdeeg dengan keju/coklat/apa aja sesuai selera.
* bakar dgn tempt 230 C selama 10 menit ( sampe setengah matang), olesi dengan kuning telur,
* bakar kembali 10 menit, balikkan satu sisi, olesi dengan kuning telur , bakar kembali sampe matang atau kecoklat-coklatan.
* hidangkan dengan teh panas, kopi, atau hot coklat

Friday, February 04, 2011

Martabak manis


bahan :
* 250 gr terigu
* 1 butir telur
* setengah sdm gist
* 3 sendok makan gula pasir
* 325 cc air hangat
* sedikit soda kue

cara :
* semua bahan di kocok dengan mixer sebentar kira-kira 10 menit, kemudian bahan di tutup dengan lap selama 30 menit.
* cetak dengan api sedang.

untuk topping bisa dipadu sesuka hati :
* gula pasir
* meises
* keju parut
* kacang giling
* susu kental maniz
* pisang
* ketan
* kelapa
* wijen

Molen rasa pisang keju

kepengen pisang molen kartikasari, dan.seneng banget lihat hasil molen nya ko mirip kartikasari yaa..hihi muji diri sendiri. nah pas molennya mateng, aku langsung poto dan ludez dimakan hehehe
bikin nya yg praktis ajah ... pake kulit pastry yg udah jadi .. so bikin nya cepet banget deh gak pake lama .-D
Bahan:
Kulit pastry siap beli
Pisang Chiquita Mini (rasanya enak kayak pisang muli)
1 sdm Butter
1/2 sdm Gula Demerara/ gula yg warna nya coklat
Keju slice
Olesan:
1/2 sdm Butter cair
1 butir Kuning Telur
1 sdt Madu
Cara membuat:
* isi kulit pastry dengan pisang, keju, dan gula pasir.
*lipat-lipat
*olesi bagian atas dengan campuran kuning telur dan madu.
* panggang suhu 180 selama 10 menit
source : mba Vitri

Pie bentuk segitiga


berhasill.baru kali ini daku bikin pastry dengan bentuk cantik. beberapa kali bikin sesuai instruksi di dus bladerdeeg ga pernah bagus...hoho..ternyata ada tehnik khusus dari mba ida dan tresna..thx ya .
hari ini aku bikin pie rasa keju dan coklat.
bahan :
* 1 bungkus bladerdeeg / kulit pastry
* keju
* coklat
* kuning telur buat olesan
aku bagi2 ya tehnik jitu dari mba ida..
* Isi bladerdeeg dengan keju/coklat/apa aja sesuai selera.
* bakar dgn tempt 230 C selama 10 menit ( sampe setengah matang), olesi dengan kuning telur,
* bakar kembali 10 menit, balikkan satu sisi, olesi dengan kuning telur , bakar kembali sampe matang atau kecoklat-coklatan.
* hidangkan dengan teh panas, kopi, atau hot coklat

Pie Kincir


berhasill.baru kali ini daku bikin pastry dengan bentuk cantik. beberapa kali bikin sesuai instruksi di dus bladerdeeg ga pernah bagus...hoho..ternyata ada tehnik khusus dari mba ida dan tresna..thx ya .
hari ini aku bikin pie rasa keju dan coklat.
bahan :
* 1 bungkus bladerdeeg / kulit pastry
* keju
* coklat
* kuning telur buat olesan

aku bagi2 ya tehnik jitu dari mba ida..
* Isi bladerdeeg dengan keju/coklat/apa aja sesuai selera.
* bakar dgn tempt 230 C selama 10 menit ( sampe setengah matang), olesi dengan kuning telur,
* bakar kembali 10 menit, balikkan satu sisi, olesi dengan kuning telur , bakar kembali sampe matang atau kecoklat-coklatan.
* hidangkan dengan teh panas, kopi, atau hot coklat

Gratin Kentang dan sosis


Bahan :

  • 500 gr Kentang
  • 50 ml Sahne atau bisa diganti dengan susu cair.
  • 375 air (berhubung saya suka yang kental jadi perbandingannya 200 ml Sahne/susu dan 225 air )
  • 50 gr keju untuk taburan
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 bungkus Kartoffel Gratin instan
  • 1 sdt maizena yang udah dilarutkan air.
  • 2 buah sosis dipotong kecil-kecil
  • Kalo rasanya masih tawar tambahkan sedikit garam dan merica sesuai selera
Cara :
  • Kentang dicuci bersih dan di belah-belah. sisihkan
  • siapkan panci,masukkan sedikit butter dan minyak goreng tumis bawang bombay sampe harum, tambahkan air dan sahne atau susu, masak sampe hangat
  • kemudian tambahkan potongan kentang dan sosis dan masak kira-kira 3 menit, dan tambahkan larutan maizena biar kental.
  • Masukkan kentang ke dalam pinggan tahan panas, taburi bagian atas dengan peterseli.  oven selama 30 menit dengan suhu 170 C.
  • Hidangkan dengan salat..dan sambel botolan...hmm yummy

Nasi Kuning :)

Judulnya tumpeng valentine soalnya bety sang pemesan mo nunjukin rasa kasih sayang dengan ngasih kejutan untuk acara perpisahan sahabat paling dekatnya anja..Senengnyaa jadi anja punya sahabat dibikin surprise kaya gini. Bety pesen menu :
nasi tumpeng, urab, ayam panggang bumbu kecap, telor ceplok balado, kolak pisang+nangka+kolang kaling
acara dah di set sedemian rapi oleh bety. Bety ngajak anja nonton ke pathe sampe jam 6 sore, nah aku ma temen2 plus undangan disuruh hadir duluan. Sesuai perjanjian, ditemani kabut dan dinginnya udara luar dengan menggunakan sepeda aku pergi ke schoolhom tepat jam 4 sore. nyampe shoolhom...langsung hias menghias...ga lupa narcis ria dan klik juga makanan...pas beres aa telp setengah jam lagi nyampe cs groningen..karna tugas menyiapkan dan merias makanan dah beres akhirnya aku pamit.
maaf ya bety aku ga bisa ngikutin acaranya...makasih dah mesen ke aku..smoga makannanya memuaskan...salam buat anja juga..
sukses slalu buat anja.. ;))

Nasi Kuning :)

pesenan mba fegi neh
met ultah ke 28 yaaa...smoga smua impiannya terkabul
makasih dah pesen ke aku..smoga memuaskan...soalnya nasinya agak lembek neh..jadi si tumpeng susah banget dihiasnya ...maaf2 yaaa

Tumpeng Mini


makasih Ridwan buat pesenan nya moga2 temen-temen bule mu pada suka yaa....sori ngehiasnya cepet2 berhubung dah ditelp aa terus neh.
dah jauh2 hari ridwan pesen pengen nasi tumpeng yg lauk-pauknya Indonesia banget. Jadi aku bikin nasi tumpeng, sambel goreng tempe, urab, sate kambing+acar, telor dadar, ayam kremes, sambel, kerupuk, lalapan, dessert kolak,

Tumpeng Veendam


judulnya tumpeng veendam maksudnya pesenan dari Veendam. tumpeng ini dalam rangka ngerayain ultah anaknya mas Hennie ke 5....bikin tumpengnya agak sedikit panik berhubung salah start masak...berhubung asalnya mo diambil jam 2 eeh jadi jam 12 karna ada tamu yang datang pagi-pagi. duuh maaf banget ya mas Hennie..jadi tumpeng dll dihias sekedarnya...smoga makanannya laris manis
Berhubung yang punya hajat menyerahkan menu ke aku, jadi lah bikin
tumpeng : telor bumbu gudeg, ayam bakar kalasan, ayam goreng kremes, sambel goreng tempe, perkedel, urab, lalap, sambel, emping.
tambah menu tambahan baso dan kuahnya....dan dapat ilmu baru dari mas Hennie, kalo mau bawa kuah ke tempat yang jauh masukin alumunium foil diatas kuah..dijamin ga akan tumpah.
nah trus mo cerita kalo kmaren buat garnis tumpeng aku bikin tulip wortel ...ga bagus dan cantik seh bentuknya ...tapi tetep yg penting dapet pujian dari aa huhuy dan lumayanlah bikin rame hiasan tumpeng...habis pengen banget bisa bikin garnis kaya mba Dessy..mbaa ajarin daku dunk. saking dah keabisan ide..wortel yg dah dibentuk tulip ditusuk dengan tusukan sate trus tusukan satenya dikasih batang daun bawang biar mirip tulip beneran..walopun ga mirip hahahaha..
Makasih banget buat Mas Hennie sekeluarga atas pesenannya smoga ga kapok untuk pesen lagi..hehehe..dan ditunggu foto foto cantiknya..maklum foto diatas foto nya di dalam dus.
selamat ulang tahun buat...hmm lupa namanya yg ultahnya...hmm maaf-maaf..
smoga jadi anak yang pinter dan berbakti

Nasi hias tujuh bulanan :)

Brenti ketringan tapi tetep pesenan ngalir truzz...dapurr tetep ngebul..dan bisnis happy ku masih tetep jalan..hahaha. Ini pesenan Nila yang entah ke brapa kali nya...kali ini pesenannya khusus dalam rangka syukuran 7 bulanan....
menu nya Nila pengen ala Indonesia banget dan semi ala jogja...jadi lah menu nya nasi putih hias, gudeg, telor dan tetelan bumbu gudeg, ayam kremes, ikan kuah bumbu jahe. Dan saking rajin nya bumil ini sampe bikin sambel 7 rupa yg asli enakkk banget, tempe dan tahu goreng, krupuk udang, emping dan sate panggang. Tambah seru lagi mbak Nona bikin lumpia goreng dan budek Nani bikin kue-kue cantik dan cendol...hmm bener-bener serasa di Indonesia.
Lucu nya jumlah makanan yang dipesen rubah-rubah...trus ku tanya ke Nila 'ini yg dateng bule- bule atau temen indo?'...Nila jawab 'temen-temen Indo, bule nya cuma 3-5 orang'..ternyata pas dateng....bulenya lebih banyakkk dari pada temen-temen Indo..dan temen-temen bule nya malah dateng 1 jam sebelum acara di mulei...waaahh daku pas ngehiasnya jadi grogi dan pas mo foto apalagi hihihi diliatin smua ..pasti itu bule-bule bingung ngapain makanan pake di foto sgala...hihi. Karna dibilang banyak temen-temen Indo makanya aku masak bener-bener smaak banget, alhasil si bule-bule banyak yg kepedesan pas makan ikan padahal cuma pake paprika powder, apalagi kalo sambell..huaa dah pasti muka nya pada merah.
Nila dan Alex makasih banget buat pesenannya....smoga nanti proses kelahirannya lancar dan diberi anak yang sholeh. amiennn

Nasi Uduk Hias

Yang ini nasi uduk dihias buat acara farewell keluarga mas Indra dan Senaz. 

Nasi Hias Clairine :)

ini mah asli percobaan bikin nasi hias untuk pesta ulang tahun...ahh pokoknya asli ga ada ide..jadi lilin nya ditancepin di atas nasi..trus di tiup deh ma clairine.....ternyata lucu juga....ternyata nasi hias bisa jadi pengganti kue tart..hehehe
Buat Clairine selamat ulang tahun yang ke 1
semoga jadi anak yg baik, pinter, berbakti sama mamih papih

Bubur Ikan Pedas


bahan :
1 gelas beras /nasi
500 liter air atau secukupnya
setengah batang serai digeprak
2 ruas jahe
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas
ikan filet putih, aku pakeikan tuna kalengan
cabe merah di haluskan/ sambel ulek
garam
merica
gula pasir sdikit
penyedap
saus ikan
untuk pelengkap : daun bawang, bawang goreng dan kerupuk udang
cara :
* kalo pake presto :masukkan smua bahan diatas..kemudian presto kira2 20 menit. kalo masih kliatan berbentuk nasi..tambahkan air dan presto kembali.
* kalo pake panci biasa...biar lebih cepat gunakan nasi atau air beras yg udah direndem semalaman...masukkan smua bahan..dan masak sampei berbentuk bubur.
* hidangkan dengan pelengkap

Nasi Goreng Rendang

Udah dua kali  neh aku percobaan nasgor rendang dan rasanya ehmm pedes-pedes ..enakk.  Hari ini karna masih punya sisa daging rendang jadi aku bikin nasgor.

Ga ada resep nya cuma aku tumis irisan bawang merah/ bombay trus masukkan  bumbu nasi goreng instan / sisa rendang  tambahkan  nasi dan garam...aduk-aduk..kelar dehhh. 

Lengkapi dengan bawang goreng, ceplok telor, timun dan krupuk...hmmm enakkkkk

siomay goreng

Bahan:
10 lembar kulit siomay, siap pakai
minyak goreng
Adonan Isi, aduk rata:
150 g daging ayam cincang
50 g udang cincang
1 kuning telur ayam
1 sdm daun bawang cincang
1 siung bawang putih, parut
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:
  • Isi tiap lembar kulit pangsit dengan adonan isi.
  • Bentuk hingga bundar sambil lipat-lipat kelilingnya.
  • Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kering.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan hangat dengan saus sambal atau mayones botolan
source : Detikfood

Omelet Spanyol

Bahan:
1 buah(250 g) kentang, kupas
1 sdm margarin
50 g bawang bombay, cincang
2 lembar daging asap, potong kecil
50 g paprika hijau, iris tipis
Kocok jadi satu:
3 butir telur ayam
2 sdm krrim segar
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:

  • Kukus atau rebus kentang hingga lunak, potong-potong.
  • Panaskan margarin, dalam wajan bertangkai besi.  Tumis bawang Bombay hingga layu.
  • Masukkan daging asap, aduk hingga layu.
  • Tambahkan paprika, aduk hingga layu.
  • Tuangkan telur kocok, masak dengan api kecil hingga pinggirnya membeku. Angkat.
  • Panggang  wajan berisi  omelet dalam oven panas selama 15 menit.
  • Angkat, potong-potong.
  • Sajikan hangat.
source : Detikfood

    Wednesday, February 02, 2011

    Tahu Gejrot

    makanan khas Cirebon..gampanggg bgt bikinnya..resep menyusul :)

    Bahan:
    2 buah tahu putih
    Minyak untuk menggoreng
    5 buah cabai rawit
    3 buah cabai merah
    3 siung bawang merah
    1 sdm gula merah
    1/2 sdt garam
    5 sdm kecap manis
    1 gundu asam Jawa
    1/2 gelas air matang

    Cara membuat:
    * Potong tahu berbentuk kotak-kotak ukuran 4 X 4 cm. Goreng hingga matang. Angkat, tiriskan.
    * Larutkan asam Jawa dengan air matang. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, garam dan gula merah dalam cobek tanah liat. Tuang kecap, air asam, aduk rata.
    * Masukkan tahu sambil ditekan-tekan dengan ulekan hingga pecah dan saus meresep. Sajikan.

    Sumber: cirebon-line.com by blog nya mba Echa :)

     

    Ase Tahu cabe Hijau

    tulisan resepnya ga tau ase atau ace...pokoknya kalo di Bandung sering banget nemuin menu ini apalagi kalo ada acara hajatan atau nasi kotak (bancakan) yg di kirim ke rumah-rumah. Mamahku kalo bikin ini enakkk banget...nah ini resep mamahku..akhh jd kangen mamah.
    aku bikin pake hot plate warisan dari senaz...asli berguna banget..thx ya naz
    bahan :
    * 1 buah tahu
    * tetelan / daging (aku ga pake)
    * soun (aku ga pake)
    * buncis (aku ga pake)
    * jagung semi (aku ga pake)
    * cabe hijau yang banyakk aku pake 10 batang, dibelah dua atau utuhan
    * 100 cc santen encer
    * air secukupnya
    * lengkuas di geprak
    * merica
    * garam
    * kecap
    bumbu yang dihaluskan :
    * bawang merah
    * bawang putih
    * kemiri
    * terasi
    cara :
    * tahu dipotong-potong, goreng, sisihkan
    * tumis bumbu yg dihaluskan
    * masukkan lengkuas, tahu, daging, air, santan,kecap, garam, merica, sdikit gula pasir..masak hingga air sedikit menyusut.
    * trakhir masukkan cabe hijau, soun dan daun bawang.

    Tahu dan Tempe Gorenk ala Nisa


    cuma tips kebeneran tahu tempe disini rasanya tawar jd aku akalin biar rasanya mirip kaya tempe dan tahu Bandung
    caranya
    potong2 tahu dan tempe....campur di panci air, bawang putih segar yg dah dihaluskan/ serbuk, garam, kunyit, gula pasir.....trus masukkan potongan tahu tempe kemudian didihkan....trus goreng deh...

    atau cara ke 2 :
    masukkan tahu dan tempe ke dalam sisa rebusan ayam goreng ( air kaldu). trus rebus sebentar. hmm yg ini dijamin enakk dan gurih

    trus hasil setelah udah digoreng akan terlihat cantik :)
    Related Posts with Thumbnails