Leelou Blogs

Thursday, April 28, 2011

tongseng ala pa Anam

Waktu farewell di rumahku Pa Anam bikinin kami tongseng yang enakkk bangettt..semua tamu bilang enakkk dan emang rasanya  mirip kaya di restaurant. Dan alhasil daging sapi yg kubeli 5 kg ludesss.
bumbunya ga pake aturan pokoknya bumbunya begini. Aku bikin dua kali tapi kelupaann trus mo foto.
Daging kambing atau sapi di marinade dengan kecap, garam, dan merica.
bumbu yang ditumis : bawang bombay, bawang putih, bumbu gule, rempah-rempah kaya cengkeh, jahe, kayu manis, lengkuas, daun jeruk dan daun salam.  Setelah harum masukkan daging aduk-aduk sebentar kemudian tambahkan air dan masak sampe matang. Terakhir tambahkan tomat segar dan cabe merah atau cabe rawit dan kol.

Sunday, April 10, 2011

Binatang dari Fondant dan Marzipan



kalo ada yg tertarik bikin ini dia bahan dan alat yang dibutuhkan :
*fondant aneka warna (atau bisa diberi pewarna makanan)
*Marzipan
*pulpen khusus makanan
*pewarna pasta dan powder khusus untuk makanan
*koas
*roll , alas silikon,
*sugarcel yang udah dicairkan (bisa diganti dengan selai cuma emang ga begitu nempel)..buat nempelen fondant atau marzipan
* perlengkapan buat membuat modelling ..ini yg penting :)
*Bäckerstärke bisa diganti pake tepung maizena atau gula halus..fungsinya biar marzipan atau fondant ga nempel di tangan.

caranya : tepungi dulu talas silikon dan tangan biar ga lengket sedikit aja. fondat atau manrzipan di bulat2 di tangan sampai terlihat berminyak. kemudian bentuk sesuai selera dibantu dengan alat modelling. Tempeli beberapa bagian dengan sugarcel.
Hasil akhir bisa di lukis dengan pewarna powder atau pulpen khusus.
Cara bikin pigure bisa lihat gambar binatang atau buah, atau juga bisa lihat buku panduan atau bisa juga lihat youtube.
selamat mencoba..

Badut lagi main akrobat dari fondant

kalo ada yg tertarik bikin ini dia bahan dan alat yang dibutuhkan :
*fondant aneka warna (atau bisa diberi pewarna makanan)
*Marzipan
*pulpen khusus makanan
*pewarna pasta dan powder khusus untuk makanan
*koas
*roll , alas silikon,
*sugarcel yang udah dicairkan (bisa diganti dengan selai cuma emang ga begitu nempel)..buat nempelen fondant atau marzipan
* perlengkapan buat membuat modelling ..ini yg penting :)
*Bäckerstärke bisa diganti pake tepung maizena atau gula halus..fungsinya biar marzipan atau fondant ga nempel di tangan.

caranya : tepungi dulu talas silikon dan tangan biar ga lengket sedikit aja. fondat atau manrzipan di bulat2 di tangan sampai terlihat berminyak. kemudian bentuk sesuai selera dibantu dengan alat modelling. Tempeli beberapa bagian dengan sugarcel.
Hasil akhir bisa di lukis dengan pewarna powder atau pulpen khusus.
Cara bikin pigure bisa lihat gambar binatang atau buah, atau juga bisa lihat buku panduan atau bisa juga lihat youtube.
selamat mencoba..

Buah-buahan dari fondant dan marzipan

Akhirnya bisa juga menaklukan figure buah dan binatang :)
kalo ada yg tertarik bikin ini dia bahan dan alat yang dibutuhkan :
*fondant aneka warna (atau bisa diberi pewarna makanan)
*Marzipan
*pulpen khusus makanan
*pewarna pasta dan powder khusus untuk makanan
*koas
*roll , alas silikon,
*sugarcel yang udah dicairkan (bisa diganti dengan selai cuma emang ga begitu nempel)..buat nempelen fondant atau marzipan
* perlengkapan buat membuat modelling ..ini yg penting :)
*Bäckerstärke bisa diganti pake tepung maizena atau gula halus..fungsinya biar marzipan atau fondant ga nempel di tangan.

caranya : tepungi dulu talas silikon dan tangan biar ga lengket sedikit aja. fondat atau manrzipan di bulat2 di tangan sampai terlihat berminyak. kemudian bentuk sesuai selera dibantu dengan alat modelling. Tempeli beberapa bagian dengan sugarcel.
Hasil akhir bisa di lukis dengan pewarna powder atau pulpen khusus.
Cara bikin pigure bisa lihat gambar binatang atau buah, atau juga bisa lihat buku panduan atau bisa juga lihat youtube.
selamat mencoba..
Dan ini hasil percobaan seharian di hari sabtu yang cerah ceria :)



Related Posts with Thumbnails