Leelou Blogs

Tuesday, April 28, 2009

Sate Blora Komplit

Akhirnya aku menemukan resep sate Blora..thx mamavicky..aku cobain resep plus aku copy paste di blog aku, biar aku inget :). Sejujurnya aku juga lom pernah ngerasain gimana aslinya makan sate Blora..trakhir waktu di Bandung di pinggir jalan banyak ada penjual sate Blora dan laku berat. Kalo kata mamavicky keistimewaan sate Blora adalah dalam penyajian sate ayam Blora ini ditambah semangkuk kuah kuning sebagai pendampingnya.
Tentu saja nggak ketinggalan sambal kacangnya yang wangi...(karena pemakain daun jeruk yang cukup banyak )

Ingredients:
400 gr daging ayam bagian dada, potong dadu
12 buah tusuk sate kulit bambu

** BUMBU RENDAMAN SATE :
1/2 sdt ketumbar, haluskan
1/2 sdt jinten, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir

** BUMBU OLESAN SAAT MEMBAKAR SATE:
5 sdm bumbu kacang
1 sdm kecap manis

PELENGKAP:
1 porsi bumbu kacang
1 porsi kuah kuning
1 sdm kecap manis
1 sdm bawang goreng

** Bumbu kacang:(saya bikin 1/4-nya saja)
2 kg kacang tanah (saya ganti dengan peanut butter )
1500 cc santan encer
3 sdm minyak goreng
* Bumbu:
13 siung bawang merah, haluskan
500 gr cabe merah keriting, halus
7 siung bawang putih, haluskankan
7 btr kemiri, haluskan
5 cm kencur, hancurkan
5 cm lengkuas, memarkan
10 lbr daun jeruk purut

** KUAH KUNING (saya cuma bikin 1/3 -nya saja)
1 ltr santan kental
3 ltr kaldu ayam
3 sdm minyak goreng

* BUMBU:
6 siung bawang putih, haluskan
11 siung bawang merah, haluskan
500 gr cabe merah keriting, haluskan
17 btr kemiri, haluskan
10 cm kencur, haluskan
10 cm kunyit, haluskan
5 cm lengkuas, memarkan
10 lbr daun jeruk purut

BAHAN ISI:
Tauge, rendam dengan air panas lalu tiriskan
Irisan daun kucai
Bawang goreng



Directions:
1. Bersihkan daging ayam lalu potong dadu.
2. Siapkan wadah, campur semua bahan bumbu rendaman, aduk rata.
3. Masukkan potongan daging, diamkan selama +/- 2 menit, angkat lalu tusukkan 5 potong pada setiap satu tusuk. Kerjakan hingga selesai.
4. Siapkan alat bakar dengan arang batok, panaskan. Bakar sate selama 3 menit, angkat.(nggak ada arang saya pakai grill biasa)
5. Siapkan wadah, tempatkan bumbu olesan, oleskan sate ke bumbu hingga rata. Bakar kembali selama +/- 7 menit hingga matang kecoklatan, angkat.
Sajikan , beri bumbu kacang, kecap manis dan taburan bawang goreng. Bersama nasi putih dan kuah kuning.


CARA MEMBUAT BUMBU KACANG:
~ Siapkan wajan. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama lengkuas dan daun jeruk hingga matang dan harum.
~ Masukkan santan, aduk rata hingga santan mendidih.
~ masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan, masak selama 2 jam dengan pembagian yaitu menggunakan api kecil selama 1 1/2 jam hingga mengeluarkan minyak berwarna kuning kemerahan yang mengenang diatas bumbu kacang. Ambil minyak tersebut dan tempatkan dalam wadah. Angkat, sisihkan.
* karena saya memakai peanut butter proses pembuatannya tidak sampai selama ini ,cukup 30 menit saja..
Sajikan siram dengan 1 sdm minyaknya

CARA MEMBUAT KUAH KUNING:
~ Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama lengkuas dan daun jeruk hingga matang dan harum.
~ Masukkan air kaldu, rebus hingga mendidih.
~ Masukkan santan, aduk rata hingga mendidih angkat.
Siapkan mangkuk hidang, masukkan tauge lalu siram dengan kuah kuning taburi irisan daun kucai (saya skip karena sedang nggak ada persediaan di rumah) dan bawang goreng. Sajikan sebagai pendamping sate.

source : http://mamavicky.multiply.com/recipes/item/155/Sate_Ayam_Blora

1 comment:

  1. Terima kasih resep nya saya lahir di Blora tapi gak tau resep sate Blora kalau pulang ke Blora pasti makan sate Blora.trim

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails