Leelou Blogs

Friday, April 16, 2010

Appel Taart ala Belanda

Appeltaart atau  Appelgebak adalah salah satu ciri khas makanan Belanda. Kadang disebut juga apple pie. Selama saya disana banyak banget toko kue yang menjual Apple Pie, yang paling terkenal adalah D'Granny..hmmm rasa apple pie nya uenakkk bangettt. Penampilan Apple Pie ini cantik karna di bagian atas di buat seperti jala dan  dominan dengan rasa kayu manis. Cara menghidangkan juga bervariasi dapat di simpan di kulkas atau dimakan hangat-hangat. Taart apple ini bisa disajikan bersama Cream kocok  atau es cream vanili sebagai teman teh panas atau kopi. 
Resep untuk apple pie ini telah  berabad-abad sekitar tahun 1626.
Kalo mau bikin sendiri juga gampang karna di supermarket Belanda banyak juga tepung mix kemasan dus. Berhubung sekarang di Jerman ga ada kemasan dus nya jadi lah searching resep, dan akhirnya dapet...oiya pembuatan taart ini ga perlu pake mixer..pokoknya gampang dan cepet.

Beberapa kali saya bikin apple taart tapi baru kali ini ambil foto, dan ini pun foto nya ngasal banget tapi kalo bikin taartya ga ngasal dunk kan biar enak dan smua orang suka.


Bahan untuk lapisan kulit:
300 gram self rising flour, 
200 gram unsalted butter, 
150 gram sugar, 
1 egg
kalo aku ditambah dengan 1 sdm susu powder dan vanili powder. 

Untuk isi
sekitar 1 kg atau 4-5 buah  apel  
50 gram gula 
vanili, 
100 gram kismis, 
 1-2 sdt  kayu manis
1-2 sdm jus lemon ( saya ga pake )
remah roti ( tidak terlalu penting fungsinya hanya menyerap kelembabab)
1 kuning telur  untuk garnis
 

Cara : 
Masukkan semua bahan kemudian uleni.  Masukkan adonan ke dalam kulkas beberapa menit (aku seh 10 menitan) .  
Kupas apel , potong kecil-kecil. Campurkan dengan gula vanili, kismis dan kayu manis. Taburi dengan jus lemon sedikit, agar apel tidak akan berubah menjadi cokelat.
Siapkan loyang ukuran 24 cm, beri alas roti atau mentega.  Ambil 3 / 4 adonan, letakkan adonan di atas loyang dan tata dengan rapi sampai bagian tepi tetapi jangan terlalu tebal. Tambahkan campuran apel . 
1/4 adonan di gulung memanjang kemudian tata diatasnya seperti bentuk jala. Olesi diatasnya dengan kuning telur.  
Panggang dalam oven  170 C selama 45-60 menit . 
Cara menghidangkan dapat di simpan di kulkas atau dimakan hangat-hangat. Taart apple ini bisa disajikan bersama Cream,atau es cream vanili sebagai teman teh panas atau kopi.

source  : http://arrisje.com/Desserts/Appeltaart.htm dan kemasan dus  yang ku beli di toko Albert Heijn

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails