Leelou Blogs

Sunday, August 22, 2010

Martabak mesir


Menu tajil diacara formid aku udah berniat bikin martabak mesir. Daging cincang dah aku bumbui sebelumnya, sambil nunggu dingin aku pergi ke saigon..wadowwwwww..ternyata kulit spring roll disana habis..hiksss. Tadinya aku dah mo ganti menu aja.
Tapi karna sayang daging udah dibumbui...akhirnya aku bikin kulit sendiri...mungkin emang udah waktunya kudu belajar bikin kulit sendiri. Browsing di internet ternyata bikin kulit gampang juga cuma emang rada resep step-step nya . Dan dapat lah resep milik blog mba Nunung dan web info resep...aku bikin 3 macam adonan neh ....biar aku tau mana bedanya. Nah menurutku kalo di lihat dari rasa lebih enak kulit yang menggunakan telur, tapi kalo kelenturan aku lebih suka resep kulit yang ke 3. Ok deh selamat mencoba...:)


Resep Bahan Adonan Dasar Kulit Martabak:
A. resep 1
100 gram tepung terigu
air matang secukupnya
2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
1 sdm minyak/margarine cair
garam secukupnya

B. Resep 2
  • tepung terigu protein sedang 250 gram
  • margarin kurang lebih 100 gram, untuk olesan
  • telur ayam 1 butir
  • garam secukupnya
  • air 125 ml
c. Resep 3
  • tepung terigu protein sedang 300 gram
  • garam secukupnya
  • air 175 ml
  • minyak goreng kurang lebih 300 ml

CARA MEMBUAT KULIT:
Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng, diamkan selama 1-2 jam. untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet .
Cara dan Bahan  Isi martabak :

Bahan Isi :
300 g daging giling
2 batang daun bawang dan batang  bawang diiris,(kalo aku pake poree, atau leek atau pure)
6 sdm bawang bombay iris
4 bawang putih, haluskan
1 sachset bumbu kari pasta atau bumbu gule
6 butir telur
merica dan garam secukupnya.

CARA MEMBUAT ISI :
Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan bumbu gule atau kari pasta, tambahkan merica, dan irisan dari 1 batang daun bawang dan garam. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut.Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.

Pelengkap
Kuah :
2 sdm kecap asin
1 sdt air asam jawa
irisan bawang merah atau bawang bombay
garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
irisan cabe rawit
acar  ketimun
2 sdm air matang

Cara membuat Kuah
campur smua bahan kecuali timun. Berhubung aku punya sisa kuah pempek jadi aku pake bumbu pempek dan aku tambah kecap, cabe rawit dan bawang bombay.

Penyeleseian :
Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar, kemudian pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).

Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling, irisan 2 batang daun bawang, irisan bawang bombay, garam, merica. Aduk-aduk.

Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang.Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.

source : http://blog-food.blogspot.com/2007/02/martabak-telor-istimewa.html dan
http://inforesep.com/

14 comments:

  1. Anonymous12:51 AM

    aku dah prnah coba bikin kulitny, tp masih gagal
    :(

    ReplyDelete
  2. hmm dicoba lagi mba...mungkin ngerendem minyaknya kurang banyak dan kurang lama.

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:29 AM

    Teh salam dari Grote Beerstraat 133-27 Groningen, Fay lagi naksir martabak mesirnya

    Pandji dan Fay

    ReplyDelete
  4. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. bisa dak ngerendemnya selain pke minyak????

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. gak terlalu mahal tu mba tuk reseb martabak bangkanya....!!!!!

    ReplyDelete
  8. resep pembuatan martabak mesir yang cukup menarik. pasti enak..

    ReplyDelete
  9. makasih resep martabaknya....

    ReplyDelete
  10. tq resepnya ,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. ah.... jadi pengen dah lama nggak nyicip martabak mesir :D

    ReplyDelete
  12. mudah2an dapet istri doyan masak hahahahahahaha

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails