Leelou Blogs

Tuesday, October 26, 2010

resep butter cream

Lagi cari resep butter cream yg enak neh...eeh ketemu deh di blognya mba Theresia yang lengkap banget resep butter creamnya(http://dapursolia.blogspot.com/2009/11/aneka-resep-buttercream.html). Aku sengaja simpen di blogku supaya kalo aku butuh lagi ga usah pusing.

Buttercream ala Nisa (Buttercream ala Jerman)
 
sebenernya ini bukan butter cream tapi lebih ke cream, cuma kalo kata aku ga enek..enakk..soalnya bahan-bahannya dari susu. Bahan-bahannya juga murah meriah. dan  banyak berkeliaran di supermarket di Jerman dan Belanda (aku taunya cuma 2 negara itu aja). Biar lebih gampang bahan yang aku maksud seperti foto diatas.

Bahan :
250 slagroom atau sahne
250  frische cream
1 bungkus vla bubuk Oetker atau merk apa aja rasa apa aja sesuai selera atau 1 bungkus Sahne steif
kalo aku ga pake gula karna bungkus vla itu sudah mengandung gula

Cara :

semua bahan di kocok sampe berjejak, tambahkan beberapa warna...hias deh kue..masukkan kulkas.

(1) Resep Buttercream ala Ani Lizzarni

Bahan:


250gr Mentega putih tawar

Catatan: kalo mau lebih enak ganti ½ mentega putih australi dengan Hollman Softcream

125ml susu kental manis
3sdm air garam
catatan: didapat dari 1 sdt yang dilarutkan di 1 cangkir air, aduk rata, lalu ambil 3 sdm

100gr gula pasir direbus dengan air garam
1sdm pasta vanili (Red Bell)

Cara membuat:

- Gula dicampur air garam, dimasak diatas api kecil hingga gula benar2 larut. Selagi panas segera campurkan dengan susu, jangan tunggu dingin. Kalo tunggu dingin gula akan menggumpal lagi.
- Setelah gula dan susu tercampur rata, boleh ditunggu dingin dulu baru masukkan mentega putihnya dan kocok sampe mengembang.
- Kalo mau ditambahkan Hollman softcream, kocok dulu campuran diatas, setelah tercampur baru holman dimasukkan terakhir.

Sumber:

Ani Lizzarni (via milis NCC) dan Buku 'Serba-Serbi Cupcake'
http://lizzarni.multiply.com

http://kueratu.blogspot.com

http://ratu165.multiply.com


================


(2) Buttercream Icing ala Hollman


Bahan:


1000 gr Hollman Soft Cream

1000 gr mentega putih
750 gr gula buttercream/susu kental manis
50 susu bubuk full cream
50 cc rhum butter cream Toffieco (optional)

Cara Membuat:

1. Kocok semua bahan menjadi satu kecuali susu bubuk fullcream, kurang lebih 15 menit.
2. Masukkan susu bubuk full cream sambil diayak, kocok kembali kurang lebih 10 menit sampai mengembang dan halus.
3. Buttercream siap dipakai.

Note:

Hollman Soft Cream akan mengembang volumenya menjadi dua kali lipat setelah dikocok.

Sumber: kemasan Hollman Soft Cream


================


(3) ButtercreamLembut dan Tidak Eneg ala Nenis

Rasa Vanilla
1000 gr Mentega putih
250 gr Hollman softcream
350 ml Simple syrup / gula cair siap beli di TBK
1 kaleng Susu kental manis cap Enak
Vanilla cair secukupnya
Rasa Keju
Vanilla cair diganti dengan 100 gr cream cheese

Cara Membuat:

1) Kocok mentega putih hingga lembut
2) Masukan gula cair, kocok lagi
3) Masukan softcream nya, lalu susu, kocok hingga mengembang dan lembut
4) Terakhir masukan vanilla (atau keju), kocok lagi.
5) Siap digunakan.

Catatan: BC ini cukup kokoh untuk dijadikan mawar BC.

(4) Buttercream Enak untuk Cupcake ala NCC
(note: ditambahkan 30 Apr 2010)
Bahan2:

100gr mentega putih
100gr merrywhip
100gr eisella whip
100gr glukose/gula cair

Cara Membuat:

1) Kocok semua bahan kurleb 30 menit sampai menjadi krim yang lebut dan homogen
2) Tambahkan pasta jika suka
3) Lebih spesial ditambah cream cheese

=================

(5) Butter Cream Mocca
(note: ditambahkan 1 Juni 2010)
Original recipe by Lanny Soechan, modified by Vita

Bahan2:

125 gr mentega putih
125 gr merry whip
125 gr margarine Blueband (atau apapun yang salted)
200 ml susu kental manis putih
3 sdm mocca pasta (aku pakai Seruni campur Toffieco)

Cara membuat:

Kocok sampai mengembang. Aku pakai merry whip, karena ingin dapat efek mengembang spt sifatnya soft cream.
Margarine, pilih yang asin ya, ada beberapa margarine dapur yang rasa asin nya kurang kuat, nah itu hasilnya kurang gurih. aku suka dengan hasil warna coklatnya, plus rasanya juga uenaaaak...

-Vita-

http://dapurnyavita.blogspot.com
http://edible-photo.blogspot.com

(6) Buttercream Coklat
(note: ditambahkan 13 Sep 2010)
By Rachmah Setyawati


Bahan2:

350 gr MerryWhip Gold Bullion
500 gr Mentega Putih
1/2 kaleng SKM
150 gr - 175 gr Gula Cair (tergantung selera manisnya)
1 sdt vanili essence
75gr DCC, cairkan, tunggu hingga tidak hangat tp masih cair

Cara Membuat:

- Kocok semua jadi satu, kecuali DCC cair
- Kalo sudh tercampur rata dan mengembang, baru masukkan DCC cair, aduk rata

7. Butter cream ala Nisa (dipake saat tinggal di Jerman dan Belanda).

1 comment:

  1. Anonymous12:51 PM

    Assalamu alaikum mbak Nisa,

    Apa kabarnya mbak ? mohon maaf saya mau memohon informasi ke mbak Nisa tentang cara mewmbuat butter cream ala Jerman..itu sahne steif dan dr. oetker paradise creme apa bisa saling menggantikan ato harus dipake semuanya ? (tentu saja dengan bahan lainnya yaitu sahne dan creme fraiche..)..soalnya di atas, mbak Nisa tulis : 1 bungkus vla dr. oetker rasa apa saja atau 1 bungkus sahne steif..
    Nah kata2 ''atau'' ini yang bikin saya agak bingung..hehehe..
    Terima kasih banyak sebelumnya yah mbak..salam hangat dari bremen..

    Wassalamu alaikum,

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails