Leelou Blogs

Tuesday, February 01, 2011

Bebek Gorenk cabe hijau

Alhamdulillah sekarang ada bebek halal di Aldi. Kebeneran si aa emang demennnn banget sama bebek. Aku juga bosen sama ayam melulu. sekedar tips aja berhubung daging bebek lebih keras dibandingkan  ayam, bebek ini kudu dimarinade lebih lama, aku simpen semalaman biar bumbunya lebih meresap. Dan di ungkepnya juga lebih lama dibandingkan ayam.

bahan :
500 gr bebek
1 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk dan 1 tangkai serai
minyak goreng
sedikit air

bumbu
4 siung bawang putih
1 ruas lengkuas
5 buah kemiri
kunyit powder
garam, ketumbar.

cara :
bebek dan smua bahan di campur. simpan di dalam kulkas lebih lama lebih baik.
ungkep bebek dengan api kecil sampe airnya meresap.
goreng.
hidangkan dengan sambel cabe hijau :)

Sambel cabe Hijau 
6 batang cabe ijo bisa juga  lebih
cabe rawit ijo secukupnya (aku punya nya cabe rawit merah)
1 buah tomat kecil
daun jeruk 1 lembar diiris-iris
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
garam kalo kurang asin (dicoba trakhir)
sdikit gula pasir kalo keasianan
sisa rebusan bebek yg udah diungkeb


Cara

  • rebus cabe hijau dan cabe rawit. kemudia ulek tp jgn terlalu halus.sisihkan
  • rajang bawang ,sisihkan
  • tumis bawang . masukkan cabe  yg dah dihaluskan dan potongan tomat. tambahkan garam, sedikit cuka, dan sisa rebusan bebek yg dah diungkep. Masak sampe cabe berubah warna.
  • Hidangkan bersama bebek goreng dan  nasi panas. Atas bisa juga sambel hijau di siram diatas bebek goreng.
  • dijaminn  deh makannya nikmatttt :)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails