Leelou Blogs

Tuesday, June 14, 2011

brownies kukus bintik keju


Mba Agnesss akhirnya daku berhasil bikin brownies kukus...enak..enak...gampang deui nya...
aku izin copy resepnya ya..sama aku juga males dibikin bintik-bintik soalna ribet kudu pake piping bag sgala.
Aslinya sebenernya brokus bintik keju, tapi karena daku suka males bikin bintik, langsung diguyur aja si adonan putih. Jadinya berlapis deh.
Resep:
[org. recipe by Youngki Gunawan, modified by Bunda Inong]
Bahan:
Adonan Cokelat I:
5 butir kuning telur
2 butir putih telur
125 gula pasir
1/4 sdt garam
5 gr SP
75 gr tepung terigu
5 gr maizena
25 gr cokelat bubuk
Adonan Cokelat II:
90 gr butter, lelehkan
50 milk cooking chocolate, lelehkan
1/2 sdm coklat pasta (aku pake 2 sdm chocolate saus, tofu, merek Hero yang suka ada di superdeboor or AH)
Adonan Keju:
65 gr white cooking chocolate, lelehkan
100 gr cream cheese
1 butir telur
30 gr tepung terigu
Cara membuat:
- Campur jadi satu semua bahan Adonan Cokelat I kecuali coklat bubuk, kocok dengan mixer sampai kental dan mengembang.
- Aduk jadi satu Adonan Cokelat II, tiriskan sebentar, lalu tuang ke dalam bahan A, aduk rata lalu masukkan cokelat bubuk.
- Bagi adonan menjadi dua, sisihkan.
- Adonan Keju dicampur jadi satu, kocok sebentar sampai tercampur rata. Bagi dua, lalu masukkan ke dalam piping bag/plastik segitiga.
- Tuang 1 bagian adonan cokelat ke dalam loyang bundar 18/20 cm, ratakan.
- Semprot sedikit2 1 bagian adonan keju ke dalam adonan cokelat membentuk bintik2 besar yang melingkari loyang beri jarak dari 1 bintik ke bintik lainnya kira 1 cm.
- Kukus selama 20 menit. Kukusan harus sudah panas dan beruap banyak, tutup dandang dilapisi kain supaya air tidak menetes ke kue.
- Setelah 20 menit, tuang lagi adonan cokelat, ratakan, dan semprot lagi adonan keju membentuk bintik2 yang mengeliling loyang.
- Kukus lagi 20 menit. Sebelum diangkat, tusuk dengan lidi untuk memastikan kue sudah matang.
Tips mengukus:
- Tutup loyang wajib ditutup pake serbet
- sebelum masukin adonan berikutnya, adonan pertama harus bener-bener matang dulu.


3 comments:

  1. kalo baca resepnya emang rumit..tp pas dijalanin engga ko mba...

    ReplyDelete
  2. dari gambar nya aja menggoda mba hehe :D

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails