Leelou Blogs

Monday, November 21, 2011

Tempe Mendol

Sejak di Malang aku baru tau kalo ada banyak variasi menu tempe. Yang aku tau tempe itu cuma bisa dibikin  tempe goreng, tempe mendoan dan tempe bacem, tumis tempe dan lodeh tempe. Ternyata di saat aku tinggal disini ada yang namanya tempe mendol, tempe kacang, tempe mendes, tempe penyet.
Sekarang aku cobain bikin tempe mendol dapat resep dan caranya  dari ibu Mis, sayangnya Bu Mis ga ngasih takaran yang pas jadi aku liat2 di nova. Tempe mendol adalah tempe yang dihaluskan, dibumbui dan dibentuk bulat-bulat kemudian di goreng. Tempe kudu dikukus dulu biar renyah.
Bahan :
1 buah Tempe  (200-250 gr), yang udah di kukus


Bumbu yang dihaluskan (takaran pas nya dikira2 aja sesuai selera) :

5 siung bawang putih
3 cm kencur
2 lbr daun jeruk purut
2 bh cabai merah
1 ½ sdt garam

Cara Membuat:
1. Parut  tempe, satukan dengan bumbu halus.
2. Kepal-kepal sambil dibentuk lonjong.
3. Goreng hingga berwarna kecokelatan.

Tips : tempe mendol ini enaknya seh di makan anget2 sama nasi. jadi kalo udah di bentuk bulat-bulat, bisa dimasukkan kulkas, tahan ko sampe 3 hari soalnya kan tempenya dah dikukus dulu.

Source : resep bu Mis dan tabloid Nova

1 comment:

  1. ih bentuknya lonjong begitu yah hihihi kreatif :)

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails