Leelou Blogs

Monday, October 04, 2010

Nasi Bombay Biryani Ayam


Hari ini aku praktek nasi biryani yang diajarkan teh Meti waktu ketemuan di Berlin. Rasa nasi biryani yang kami makan saat itu enakkk banget, pedas tapi ga kebelenek..aa juga suka..langsung deh aku minta resepnya..dan ini hasilnya..treng..trengg... ternyata rahasia rasa enaknya ada di kemasan siap pakai merk Shan.
Hari ini kami pengen banget makan nasi biryani, tapi males ke toko asia buat beli beras basmati, akhirnya aku pake bahan yang ada. Beras Basmati aku rubah dengan nasi murahan yang ada di supermarket, aku pake Parboiled Reis dan yoghurt aku rubah pake cream fraische.
Ini resep nasi  Nasi Bombay Biryani ala  Teh Meti yang aku padu dengan cara yang ada dikemasan ini.
  • 500 gr daging sapi / kambing / ayam dengan tulang ..kebeneran stok di kulkas ku cuma punya ayam filet.
  • 500 gr beras basmati
  • 5 siung bawang bombay di iris tipis-tipis
  • 3 buah kentang  dipotong menjadi 2 atau 4 ...aku ga pake
  •  5  Telur rebus terlebih dahulu ( kalo ini tambahan dari aku soalnya aa demen telor )
  • 4 buah tomat  di haluskan atau dicincang kecil-kecil
  • 200 g yoghurt plain atau susu Kalo aku pake creme fraische
  • minyak 5 sdm atau mentega ghee 175 gr .. kalo aku pake butter biasa aja.
  • Shan Bombay Biryani mix
  • 4 buah cardamon
  • 2 buah kayu manis
  • 5 batang cengkeh
  • garam
  • air 1-2 cup

 Cara :
  • Beras di masak terlebih dahulu sampe menjadi nasi (kalo aku masaknya di rice cooker aja).
  • Siapkan wajan, masukkan butter, tumis bawang bombay sampe harum dan kuning, masukkan tomat sampai matang.
  • Tambahkan daging sapi / kambing / ayam. masak sampe berubah warna dan matang., masukkan telur, kentang,  Yoghurt  dan kemasan Shan, tambahkan air masak selama 15 menit sampe terlihat macak-macak. matikan api.
  • siapkan loyang anti panas , kalo aku pake pyrex..masukan nasi,dan sirami ayam yang sudah dimasak diatas sampe rata...tutup pyrex dengan alumunium foil , masukkan ke dalam oven, panaskan sekitar 160 C selama 20 menit.
  • Hidangkan..dijamin.. enakkkk bangettt...:)





No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails