Leelou Blogs

Tuesday, October 05, 2010

macam-macam resep nasi bakar ayam, peda, Teri, Tuna dan Telur asin

aku simpen resep macam-macam resep nasi bakar, biar kalo nanti pengen bikin ga pusing lagi cari-cari resepnya. 

Nasi bakar ayam
Bahan-bahan:
- 200 gram daging dada ayam, potong 2 x 2 x 1 cm
- 150 gram sayuran beku
- 500 gram nasi pulen
- 150 ml santan
- 2 sendok makan minyak untuk menggoreng
- 2 batang serai, memarkan
- 2 lembar daun salam
- daun pisang
- lidi
Bumbu halus:
- 1 sendok teh ketumbar
- 6 bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 cm kunyit
1/2 sendok teh gula merah
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh lada
Cara membuat:
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun salam sampai harum dan matang.
- Masukkan potongan ayam, masak hingga ayam berubah warna.
- Tuangkan nasi pulen, santan, sayuran beku, masak hingga semua bahan matang dan kering.
- Ambil 2 lembar daun pisang, taruh 4 sendok makan nasi ayam, bungkus membentuk piramida dan semat lipatan bawah daun dengan lidi.
- Lakukan hingga semua bahan habis.
- Bakar nasi ayam di atas bara api hingga matang.

source : inilah.com

Nasi bakar Peda
Sumber: Primarasa
untuk 4 porsi
Bahan :
3 ekor ikan peda
minyak goreng
1 sdm air jeruk nipis
6 siung bawang putih, iris tipis
100 gr bawang merah, iris tipis
3 buah cabe merah besar, iris tipis
3 buah cabe hijau besar, iris tipis
4 iris tipis lengkuas
2 lembar daun salam, robek masing-masing jadi 2 bagian
50 gr daun melinjo, siangi
15 mata petai, iris-iris
800 gr nasi putih
daun pisang untuk membungkus
lidi untuk menyemat.
Cara membuat :
  1. Cuci bersih ikan peda, keringkan dengan lap. Goreng hingga matang, angkat. Biarkan dinging. Setelah dingin suwir-suwir. Aduk dengan air jeruk nipis, sisihkan.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe hijau hingga layu. masukkan lengkuas dan daun salam, aduk. Tambahkan daun melinjo dan petai, aduk hingga layu. Masukkan ikan peda suwir, aduk hingga seluruh bahan cukup matang, angkat.
  3. Campur nasi putih dan ikan peda tumis, aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian.
  4. Siapkan daun pisang untuk membungkus. Bubuhkan 1 iris lengkuas dan 1 potong daun salam di setiap bungkus, taruh 1 bagian adonan nasi. Gulung hingga rapat, semat ujungnya dengan lidi.
  5. Panaskan pemanggang, taruh nasi bugkus di atasnya, bakar hingga aromanya keluar, angkat. Siap disantap.
Nasi bakar ayam dan teri
Sumber: Fatmah Bahalwan
Bahan:
500 gr       beras, cuci, tiriskan
½ sdm      garam
3 lbr          daun salam
2 btg         sereh
600 ml      santan
50 gr         bawang merah iris
1 sdt         kaldu bubuk
6 sdm       minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus
Bahan Tumisan:
150 gr       daging ayam, potong dadu
100 gr       teri medan, cuci, goreng
3 bh          bawang putih
2 bh          cabe hijau, iris serong
2 bh          cabe merah besar, iris serong
4 bh          cabe rawit merah, iris serong
1 btg         daun bawang, iris kasar
1  sdt        garam
1 sdt         gula pasir
100 ml      air
1 sdt         kaldu bubuk
4 sdm       minyak goreng untuk menumis
Cara membuatnya:
-          Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
-          Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.
-          Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan.

Nasi Bakar Ayam Pedas 
source : Ida Arimurti
 1 ekor ayam, potong 40 bagian
 3 lembar daun jeruk, 2 batang serai, memarkan 
2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, memarkan
500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sdm air asam jawa 
2 sdm minyak goreng
 
Haluskan:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 6 buah cabai merah besar
- 12 buah cabai rawit merah
- 1 cm kunyit, bakar
- 1 sdt terasi matang
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdm gula pasir 
 
Cara membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan daun
jeruk,serai, salam dan lengkuas, tambahkan ayam, aduk rata, masak hingga ayam
berubah warna.

2. Masukkan santan dan air asam jawa. Masak hingga kuah mengering, angkat.

3. Ambil dua lembar daun pisang, tata nasi, ayam pedas, kering tempe dan
telur pindang. Bungkus dan panggang di atas bara api hingga daun mengering. Sajikan 
  
Nasi Bakar Telur Asin 
source : Ida Arimurti

Bahan:
- 6 telur asin matang

- Daging bumbu kecap:

- 2 sdm minyak goreng

- 3 cabai merah besar, iris

- 6 butir bawang merah, iris

- 3 siung bawang putih, iris

- 300 gram daging sapi has, iris korek api

- 2 batang serai, memarkan

- 3 lembar daun jeruk

- 2 cm jahe, memarkan

- 8 sdm kecap manis, 150 ml air

- 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk
 
Pelengkap: daun pisang, 4 porsi nasi putih, tempe, tahu bacem, 

daun singkong rebus, sambal terasi matang
 
1. Panaskan minyak goreng, tumis irisan bumbu hingga layu, masukkan daging
sapi,serai, daun jeruk, dan jahe. Masak hingga daging berubah warna. 
Masukkan kecap manis, air, garam, dan merica.Masak hingga air menyusut, daging lunak, 
angkat.

2. Ambil dua lembar daun, tata nasi, daun singkong, daging kecap, tahu tempe
bacem,telur asin dan sambal, bungkus. Panggang di atas bara api atau dalam
oven hingga daun mengering. 
 
Nasi bakar pindang Tongkol atau Tuna 
Bahan :
1. 200gr daging pindang ikan tongkol yg udah disuwir2

2. 1 ikat daun kemangi, ambil daunnya dan 1 ikat daun ketela muda ambil daunnya

3. 3 tangkai serai, iris tipis bagian putihnya

4. 7 lembar daun jeruk, potong-potong

5. 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

6. 850 gr nasi putih pulen bisa juga pake nasi merah kalo pengen lebih menarik

7. 2cm lengkuas, iris halus

8. 4 lembar daun salam

9. 2 sdt garam

10. 3 sdm minyak untuk menumis

11. Daun pisang untuk membungkus dan lidi

Haluskan :

1. 1 sdt ketumbar sangrai

2. 6bh bawang merah

3. 3 siung bawang putih

4. 3cm kunyit

5. 1/2 sdt gula merah

6. 1/2 sdt merica

7. 1cm jahe

8. 2 batang serai ambil putihnya saja

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus, daun salam. daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum

2. Tambahkan daging pindang tongkol, aduk hingga berubah warna.

3. Masukkan nasi dan santan, aduk hingga bumbu meresap dan matang

4. Taburkan daun kemangi dan daun ketela, aduk rata dan matikan api

5. Sendokkan ke daun, semat dengan lidi dan bakar di atas bara api sampai harum

6. Bisa jadi 6-7 bungkus nasi bakar
 

 

8 comments:

  1. helly8:27 PM

    mbak nisa resep nasi bakarnya kayaknya menggoda banget mohon ijin boleh nyontek ya mbak pengen nyobain masak nih, makasih mbak

    ReplyDelete
  2. Anonymous6:25 PM

    makasih.
    aku copas ya resepnya

    ReplyDelete
  3. Bunda Bogor10:44 AM

    Mbak... salam kenal. Aku coba resepmu ya mbak. Makacih...

    ReplyDelete
  4. Resepnya Te O Pe Mbak Nisa, aku coba wiken ini ahh..
    Makasih ya.

    ReplyDelete
  5. resep nasi bakar selain itu ada g mb' nisa ?
    terimaksih mb' .

    ReplyDelete
  6. resepnya sangat menarik dan desain blognya sangat pas. semoga banyak orang berkunjung ke blog ni..

    ReplyDelete
  7. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas share resepnya.
    jadi pengen segera nyobain yang nasi bakar ayam pedas:)

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails