Leelou Blogs

Wednesday, May 04, 2011

Krebli, cakue nya orang Rusia


Temen kursus ku bawa makanan ini ke kelas..pas dicobain ko rasanya mirip2 cakue  malah enakan ini dari pada cakue. kita..aku tanya resepnya...oalah pantes aja enak soalnya pake pake banyak bahan susu. Resepnya aja murah meriah. Cuma sayang beberapa bahan sepertinya tidak ada di Indonesia. Asikk akhirnya lengkap juga bubur ayam ku.

500 gr Kefir atau buttermilch (kalo aku pake nya cuma 300-400)
1 sdm Scmand
2 butir telur
1/2 sdt baking powder atau baking soda
600 gr tepung terigu (kalo aku ditambah lagi 100 gr biar gampang dibentuk)
2 sdt garam

minyak untuk menggoreng

cara
semua bahan di campur dengan mixer (pengocok spiral) sampe tercampur. Simpan 15 menit.
siapkan talenan, taburi bagian bawah dengan terigu kemudian bagian atas juga di taburi terigu biar ga lengket. bentuk seperti cakue. dan goreng.

note : kalo satu kilo hasilnya banyak banget, nah kalo aku sisanya bisa masuk frozen jadi kalo bikin buryam , si krebli ini  tinggal di goreng atau microwave.

4 comments:

  1. Anonymous11:34 PM

    mbak nisa yang baik... trimakasih resep "cakue"nya orang rusia alias krebli sudah dicoba anak saya dan teman2. cuma masih belum sempurna waktu digoreng berantakan.... sy nggak sempat lihat buatnya, kurang apa ya? apa yf disebut dg scmand ? tks.

    ReplyDelete
  2. halo mba..makasih buat comment nya....saya udah coba resep ini dua kali..hasil adonannya emang masih lengket alias ga kalis ditangan, makanya pada saat mencetak alas atau talenan di kasih dulu terigu...trus tambah adonan...trus bagian atasnya ditaburi lagi terigu...trus potong2 sesuai selera dan goreng. Kalo adonan ditambah terigu (sampai kalis) justru cakue nya malah jd keras. Oiya Schmand itu krim asam.

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:23 AM

    Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatu, mbak nisa, mau nanya nih, kefir itu kefir yang itu kan, bukan bahasa jermannya buttermilk? Kalau kefir beneran halal nggak sih mbak? saya bingung nih, soalnya ada yg bilang haram, ada yang nggak. Thanks ya mbak, waassalammualaikum warrahmatullahi wabarakatu.

    ReplyDelete
  4. waalaikum salam mba....
    setau saya kefir itu adalah susu yang produksi dengan proses fermentasi, biasanya oleh bakteri asam laktat seperti Lactobacillus acidophilus, ragi Saccharomyces.
    Kalo Buttermilch minuman yang sedikit asam-dan kental, minuman non-alkohol yang di produksi mentega krim manis dari susu krim cair dibantu penambahan bakteri asam laktat. Kalo ditanya halal menurut saya seh karna ini susu hasil fermentasi ya saya berpoendapat halal. sekian mba smoga berguna...coba di cek lagi aja..takutnya pendapat saya salah.

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails