Leelou Blogs

Sunday, January 30, 2011

Terong gulung


Niat awal seh mo bikin terong gulung diisi daging dan daun sla...tapi si aa keburu lapar, masaknya belum beres dan keburu diembat..kebeneran punya sambel cabe..ya udah mo kreasi malah jd menu kaya terong balado deh
Ingredients:
* terong di potong memanjang
sambel cabe :
cabe merah yg udah dihaluskan, bwg putih dan tomat diiris
garam dan gula pasir
Directions:
* terong bisa goreng atau grill, kemudian gulung.
* tumis bahan2 cabe.
* hidangkan terong gulung can sambel cabe

talas kuah santan

Bosen banget dengan sayur2an yg ada disini..brokoli lagi, wortel lagi paprika lagi..kebeneran pas ke toko asia ada daun talas yg dah siap pakai, disimpen di Freezer harganya juga ga nyampe 1e. Masaknya juga cepat tanpa perlu ulek mengulek bumbu.

Ingredients:
* batang talas,
* bawang bombai/ bawang merah yg dah di potong dadu2.
*bawang putih yg dah di rajang
*daun salam
*serai di geprak
*lengkuas di geprak
* 1 kaleng kecil santan
* 1 buah cabe merah di rajang
* garam, ketumbar, gula pasir
*bahan tambahan : bisa pake tahu dan teri
Directions:
* tumis bawang bombay dan bwg putih.
*masukkan daun salam, serai dan lengkuas.
*tambahkan santan dan sedikit air, masukkan teri masak sampe mendidih.
*masukkan talas, garam, gula pasir, dan keumbar. masak sampe mendidih.
*hidangkan

tumis labu siam tauco


bahan :
* 1 buah labu
* 1 buah bawang bombay / bawang merah
* 2 buah bawang putih
* 1 buah cabe merah
* 1 buah tomat
* setengah sdm tauco
* 1 ruas lengkuas
* gula merah
* garam ( sdikit aja soalnya tauco udah asin)
cara :
* bersihkan labu, cuci bersih, iris-irs seukuran korek api, tambahkan garam, dan remas-remas dengan tangan agar meresap.
* tumis bawang sampe harum, masukkan lengkuas, cabe, tomat,tauco, garam, gula merah, sdikit air dan labu. aduk-aduk. tutup dan masak setengah matang atau sesuai selera

Tumis Jamur tiram cabe hijau

Jamur dimasak apapun pasti aku suka....
yang paling sering aku bikin ya tumis jamur karna cepet.

Bahan :
250 gr jamurtiram, cuci bersih, suir-suir, rebus sebentar dan keringkan.
1 buah bawang merah
2 buah bawang putih
2 buah cabe hijau
garam, saus tiram, merica dan  gula pasir sesuai selera
1 btg daun bawang

Cara :
Tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan sisa bahan ...dan masak sampe sayuran dan cabe hijau terlihat matang. Hidangkan :)

Ihutilinanga

 
kalo ga salah makanan ini berasal dari Menado.
Bahan :
- 500 gr terong, potong 2, masing-masing belah 4 bagian.
- 1 sdm minyak
Kuah :
3 buah cabai merah iris tipis serong
2 buah tomat cincang
5 buah bawang merah cincang (aku pake bawang bombay)
2 siung bawang putih cincang.
1 sdt cabai gilingan ( aku pake sambel ulek)
200 ml santan kental
2 butir telur di kocok
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
2 sdt minyak untuk menumis.
Cara :
** Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan tomat, cabai merah, cabai gilngan.tumis sampai matang, masukkan santan kental aduk2 samapai mendidih. Terkhir masukkan telur, aduk2 sampai matang.
Sajikan di atas terong

Tumis Andijvi


Andijve nama sayuran sejenis sla dan kaya vitamin A, vitamin C dan mineral dan kandungan asir nya juga banyak. biasanya tanaman ini murah di musim gugur dan musim dingin. Orang belanda (info dari kenalan tante blanda..hihi) katanya enak dibikin slasauzen , andijvierollentjes atau Andijviestamppot.
Sayuran ini bisa di dapat di supermarket biasanya dah dipotong2 dalam kemasan plastik. atau kalo di pasar / supermarket tempat sayuran di jual dalam bentuk sayuran lengkap. Tadi aku ke lidl ternyata andijve banyakkkkkk bgt, seger-seger pulak..dan harganya 35 sent..waahh langsung dehh kubikin resep nyeleneh..tetep aja biar sayuran eropa dimasak tetep ala Indonesia.
resep tumisan yg tadi kubikin seperti biasa aja..tumis bawang bombay dan bwg putih, trus cabe merah dan tomat. masukkan adijve, garam dan sdikit gula pasir. masak bentarrrr ajaaaa. karna sayuran ini cepet layu.
Rasanya mirip sosin...enakk dehhh...kayanya kalo tumisnya dipake bahan tambahan kaya udang, ayam, tahu lebih mantap lagi deh

kuah batang talas tempe


Setelah ngubek2 freezer di toko asia di dresden, akhirnya kutemukan batang talas harganya 0,85 sen., 250 gr..senengnyaaa...dah lamaaa bgtt aku ga makan batang daun talas. Dulu waktu msh di groningen aku jg ngeliat di oriental cuma ya wakt itu ga sempet masak. Dah 2x aku masak pertama waktu ada pasukan grony aku bikin kuah godog sama tahu di bumbu opor . sekarang di bumbu kampung ala sunda pisann... cobain dehhh si batang daun talas ini ga gatel ..enakk pkknya ..kenyal2 githu :)

Bahan :
250 gr batang talas
1 potong tempe trus di remes pake tangan aja/ potong dadu2
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
garam
gula pasir sdikit aja
setengah buah tomat dipotong2
daun bawang di rajang
air sedikit
bumbu yg dihaluskan :
3 siung bwg merah
1 siung bwg putih
1 ruas kencur
2 batang cabe merah
terasi

Cara:
* tumis bumbu yg dihaluskan sampe harum, masukkan daun salam dan lengkuas.
* masukkan remasan tempe, aduk sbentar tambahkan air, gula pasir, dan garam.
* masak sampe mendidih
* masukkan batang talas. masak sebentar.
* hidangkan

Gulai Buncis

gulei buncis

resep vegetarian lagi neh...gulei ini sbenernya cocok banget dimakan sama lontong.
semenjak anak kos ku orang padang dan dari ceritanya bapak satu ini sulit makan kalo bukan menu padang, jadilah aku banting stir bikin menu sambil ga pede bikin menu padang untunglah aku dan aa bisa makan menu apa ajaa...
kalo aku lagi males masak biasanya aku pake bumbu gule siap pakai paling ditambah irisan bwg merah dan bwg putih, sambel ulek, sereh,daun jeruk, lengkuas dan jahe segar biar enak. dan jgn lupa si bumbu jd ditumis dulu biar enakk.
dan kalo lg rajin resepnya ini :

bahan :
* 500 gr buncis diiris menyerong
* 250 ml santan
* 2 lembar daun jeruk
* 1 lbr daun kunyit (kalo ada)
* 1 batang sereh
* garam
* 1/2 sdt ketumbar powder
* 1/2 merica powder
* 1/4 jintan powder
bumbu yg dihaluskan :
*4  siung  bawang merah
* 4  siung bawang putih
* 3 buah cabe merah
* i/2 sdt kunyit bubuk
* 1 ruas lengkuas
* jahe
cara :
* haluskan bumbu yg dihaluskan masak sampe harum. tambahkan masukkan smua bahan diatas kecuali santan dan buncis.
* tambahkan air , masak hingga mendidih.
* masukkan santan kental masak sampe mendidih.
* masukkan buncis dan masak hingga buncis matang.

tofu kung po


gara-gara pernah pesen tofu kung po di chinese restoran sekarang jadi ketagihan deh.. soalnya daku pecinta tahu.
BAHAN:
1 kotak tofu / tahu, dipotong segitiga
1 kaleng rebung
1 buah wortel diiris memanjang
jamur kuping.
cabe merah/ cabe rawit masing-masing
dibagi 2 memanjang
1 iris jahe
3 siung bawang putih
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan kecap asin encer
1 sendok teh maizena dilarutkan dengan air.
dark soy sauce
1/2 sendok teh minyak wijen
penyedap
soja bean hitam (kemasan kaleng biasanya rasanya asin jd kurangi penggunaan kecap asin) atau bisa diganti 60 gram kacang tanah goreng/bisa diganti kacang mete

CARA MEMBUAT:
1.tahu di goreng setengah matang.
2. Tumis bawang putih, jahe, dan cabai merah. Masukkan tahu,Setelah berubah warna, tambahkan rebung, wortel, gula, kecap asin, saja bean. Aduk rata.
3. Tuangkan sedikit air dan larutan maizena. Masak sampai setengah matang. Tuangkan minyak wijen. Setelah 3/4 matang, angkat.

source : majalah nova plus modivikasi sendiri.

Tumis Tahu Toge


hihi.iseng neh sambil sekalian belajar foto makanan..resep yg begini aja di upload. yaa :)
Tapi makanan simple begini jd menu fav aku..apalagi saat ditumis toge nya jgn sampe layu..dimakan sama nasi panas dan ikan asim..hmm yummyyy....

bawang merah/ bombay dan bwg putih ditumis masukin cabe , tomat, tahu yg udah digoreng sebelumnya tambahkan saus tiram ,garam, merica dan sdikit air,
trakhir masukkan toge dan daun bawang.
masak jgn sampe layu sayurannya
hidangkan

Oseng-oseng tumis buncis kecap

 Bahan :
* buncis
* kecap
* bawang bombay diiris bulat-bulat
* bawang putih diiris halus
* saus tiram
* cabe merah
* merica
* garam

cara :
* tumis bawang bombay dan bawang putih sampe harum
* masukkan cabe merah, masukkan buncis tambahkan kecap, saus tiram, garam dan merica. beri sdikit air. tutup.
* masak setengah matang
* hidangkan

Rujak pengantin

ga tau knapa disebut rujak pengantin..mungkin karna rujak ini sering ada di acara kawinan...sekilas seh kaya gado-gado..tapi kalo dirasain seh beda bangett....lebih seger menurutku mungkin karna ada tambahan buah-buahan, cuka dan rasa pedes.
BAHAN:
250 gr kentang, kukus, kupas, iris (kalo aku beli yg dah dikupas di supermarekt jd tinggal di microwave)
3 butir telur, rebus, kupas, iris tipis
200 gr timun hijau, iris bulat
200 gr daun selada, iris
200 gr daun kol, iris
1 buah nanas iris tipis
2 buah apel
pake buah2an jenis lain kaya bengkuang, jambu, mangga pasti enakkk
100 gr emping, goreng atau chips

BAHAN SAUS:
2 siung bawang putih
2 cabai merah
4 cabai rawit merah (aku pake sambel ulek)
1 sdm ebi, rendam air panas
200 gr kacang tanah goreng (aku pake pindekas )
1 1/2 sdm gula pasir
150 cc air
1 sdt cuka masak
3/4 sdt garam

CARA MEMBUAT:
1. Buat saus: haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit merah, ebi, dan garam. Tambahkan kacang tanah, haluskan lagi.
2. Taruh adonan kacang dalam wadah, campur dengan air matang dan cuka, aduk rata.
3. Tata semua bahan dalam piring, tuangi dengan sausnya dan sajikan dengan emping goreng.
fotografer makanan by Guntur F

Tumis sayuran campur-campur :)


Dalam rangka memaksimalkan sisa sayuran di kulkas biasanya biasanya aku bikin tumis sayuran smua bahan dimaksukkan yang penting syarat gizi dan enak tentunya :)

Bahan:
* 100 gr udang
* sayuran berbagai jenis, memsayangnya waktu masak aku cuma punya 1 buah wortel dan setengah bongkol brocoli , paprika merah enaknya seh kalo tambah bunga kol, toge, kapri dan jagung semi...hmmm yummy
* daun bawang dirajang miring2
* daun seledri dirajang miring2
* setengah kotak tahu
* bawang bombay dirajang
* bawang putih dirajang
* saus tiram
* soya saus
* penyedap ayam
* maizena

Cara:
* bahan A : air, penyedap ayam, soya saus, maizena aduk-aduk, sisihkan
* tumis bawang sampe harum
* masukkan udang, masak sampe harum
* tambahkan sayuran dan campuran bahan A. aduk-aduk dan masak hingga sayuran setengah matang/ matang tergantung selera.

note : untuk vegetarian murni, penyedap bisa diganti dgn penyedap khusus vegetarian dan udang pun bisa dihilangkan

perkedel tahu

Bahan:
500 gr tahu putih
100 gr wortel, iris dadu kecil
50 gr buncis, bersihkan, iris tipis
3 btg daun bawang, iris tipis
150 gr udang cincang
100 gr tepung sagu
2 btr telur kocok
1 sdt lada
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu instan
Pelapis:
2 btr telur kocok
miyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Hancurkan tahu sampai benar-benar halus.
2. Campur semua bahan adonan, aduk rata.
3. Siapkan cetakkan ukuran 18x18x3 cm, olesi dengan margarin, lapisi dengan plastik, tuang adonan tahu ke dalamnya. Ratakan.
4. Kukus adonan tahu dalam dandang panas, sampai tahu padat dan matang. Dinginkan, keluarkan dari dalam cetakkan. Potong-potong menurut selera.
5. Panaskan minyak, celupkan tahu dalam telur kocok, goreng sampai tahu berwarna kuning kecokelatan.
6. Sajikan tahu, tambahkan cabai rawit jika suka.
Untuk 6 orang
Resep: Nuraini W, Uji Dapur tabloid nova

Friday, January 21, 2011

Sate Padang


menu favorit pas lagi pacaran ma aa..huhuy...enak, murah, kenyanggg..
bahan :
* jeroan ( jantung, hati, lidah ) kalo ga ada bisa diganti dengan daging.
* daun kunyit kalo ada..kalo ga juga tetep enak ko.
* daun jeruk
* serai
* minyak goreng untuk ngoles-ngoles sate
* larutan tepung ( 2 tepung beras : 1 tepung ketan )
* tusuk sate
bumbu yang dihaluskan :
* ketumbar
* jintan
* bawang putih
* lengkuas
* jahe
* kunyit
* cabe giling / cabe bubuk
* gulai bubuk / bumbu gulei/ bumbu kari instan
* garam
* merica
cara membuat :
* rebus jeroan kemudian potong dadu-dadu.
* tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, kemudian bumbu dibagi 2.(bumbu yg ke 1 buat sate yg ke 2 buat saus )
* bumbu yang ke 1 , bumbu ditumis dengan jeroan yang sudah dipotong dadu-dadu. beri sedikt air,garam dan merica. tunggu sampai airnya habis.
* tusuk jeroan kemudian bakar .
* olesi dengan minyak goreng
saus :
* buat rebusan air kaldu atau pergunakan air jrebusan jeroan tadi.
* trus beri bumbu yang tadi sudah disisihkan.
* masukkan serai, daun jeruk, daun kunyit, garam, dan merica, aduk-aduk sampei mendidih
* kemudian masukan larutan pengental tadi.
* sirami diatas sate yang sudah di bakar..lebih enak hidangkan dengan lonting dan taburi diatasnya dengan bawang goreng.

Sate sosis asam maniss


Menemani menu kimlo dipadu dengan  sate sosis disiram saus asam manis  biar sekalian sausnya dipake buat fuyunghai.
ahh ini mah ga usah pake resep...orang cuma sosis ditusuk..trus digoreng,...disiram pake saus asam manis.
cara bikin sausnya persis kaya bikin saus fuyunghai

cuma kmaren kan sate sosis ada 2 ada yg sosis biasa dan ada yg tavuk sosis.....nah kalo yg tavuk disiram saus asam manis rasanya menurutku jadi aneh..kali emang si tavuk dah dibumbuin ala turki..jd nya ga nyambung dengan saus asam manis yg rasa asia banget

Kari ayam ala Nisa


Sbenernya kari ayam waktu acara HBH ini komplet banget pake sayuran wortel, kentang dan buncis di taburi (ehm smoga ga aneh :P ) bawang goreng dan kacang kedelei plus sambel kemiri pedesss ala delfzijl. Berhubung waktu hbh ga ke foto, malah aku minta in Guntur buat fotoin kari ayamnya..soalnya stok kari ayam sisa acara hbh dah abis dirumahku..hihi..makasih banget Guntur buat foto nya yg cantik ini.
waktu acara hbh seperti biasa aku jd tukang masak. Hari itu hari tersibuk buat aku..pulang kursus jam 10. 15 (minta izin ikut kursus setengah hari), pulang kursus aku langsung pergi ke rumah Desti. nyampe disana  ga basa basi masuk dapur dan laksanakan tugas masak...gubrakss tenyata ada ayam 20 kg dan telor rebus 100 biji menungguku...udah deg2an apa aku bisa ga selesei masak jam 5. Untung ada Desti yg bantuin dan 2 jam kemudian ada mba Agnes dan Intan. akhirnyaaa jam 4 lebih 15 masak kelarrr dan kami pun bisa dandan cantik.
aku masak kari ayam pake resep  mamahku..cuma kalo takarannya aku asal cemplung aja, cuma pake feeling..udah deg2an takut aneh rasanya...tapi alhamdulillah komentarnya banyak yg suka..malah banyak yang nanyain resep .duuh jd merasa tersanjung gini.

bahan :

  • ayam
  • santan kara
  • serai
  • daunsalam
  • daun jeruk
  • kari instan
  • merica powder
  • ketumbar powder
  • kunyit powder
  • jinten powder
  • garam
  • gula pasir
  • penyedap
  • asam jawa
  • potongan nanas

bumbu yg dihaluskan :

  • bawang merah aku pake bawang bombay
  • bawang putih
  • kemiri
cara :
  • tumis bumbu yg dihaluskan sampe harum, masukkan serai,daun salam daun jeruk, dan kari instan.
  • merica powder, ketumbar powder, kunyit powder, jinten powder, garam, gula pasir, penyedap, asam jawa aduk sebentar masukkan ayam. aduk-aduk. ungkeb sampe ayam berubah warna.
  • tambahkan air. masak sampe mendidih dan ayam matang
  • masukkan santan, aduk trus sampe mendidih.
  • trakhir tambahkan potongan nanas

Membersihkan water hiter

water hiter kalo dipake terus kadang di bawahnya ada flek-flek kuning seperti karatan.nah biar logamnya jadi kinclooong lagi cobain ya tips nya..tips ini juga dikasih dari sahabat ku Dian (bedank ya..) dia ngeliat di cnn, trus kucobain eehh bener banget.
c
aranya :
  • masukkan azijn / cuka + air (perbandingannya 2 azijn :1 air ) pokoknya sampe logam di water hiter itu kerendam. terus didihkan, buang.
  • didihkan air seperti biasa sampe bau cuka nya hilang.
  • kalo water hiternya masih ada flek lakukan seperti di awal.
perlu diinget jangan kebanyakan cuka, ga bagus soalnya entar logamnya jadi bener-bener karatan benerkan ahli fisika???
g
ampang banget kan tips nya

Memasak dengan mentega

Odilia Winneke - detikfood
Agar mentega yang dipanaskan tidak mudah gosong atau kecokelatan, tambahkan sedikit minyak olive hingga aromanya juga makin enak. Tumis bawang hingga benar-benar layu dan warnanya bening/transparan dan aromanya harum.

memilih makanan kaleng yang baik

Berikut beberapa tips untuk memilih makanan kaleng yang baik:

1. Pilih makanan kaleng yang kalengnya masih bagus (tidak penyok).
2. Pilih makanan kaleng yang tutup (seal)-nya masih bagus (tertutup rapat).
3. Usahakan tidak membeli makanan kaleng yang berjarak 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa. Bila sudah telanjur membeli, Anda masih dapat mengonsumsinya, sebab batas waktu konsumsi makanan kaleng umumnya 3 bulan sesudah tanggal kadaluarsa.
4. Sebelum membeli makanan kaleng, perhatikan bagian atas/tutup makanan kaleng. Bagian atas/tutup makanan kaleng harus cekung, tidak boleh menggelembung. Apabila Anda menemukan makanan kaleng yang bagian atas/tutupnya menggelembung, sebaiknya jangan dibeli. Penggelembungan ini terjadi karena adanya produksi gas oleh mikroorganisme, yang berarti terjadi pertumbuhan mikroorganisme. (Tabloid Nova)

Agar Bumbu Meresap Pada Ayam

jawaban buat  Insanu kemaren pas ke rumah tanya "teh kalo masak daging biar tengahnya ga ada darahnya/ ga merah gmn??" ini jawabnya yaa..moga-moga cukup puas

Odilia Winneke - detikfood

Saat mengaduk ayam dengan bumbu, pastikan seluruh cairan dalam daging ayam keluar dan daging ayam berubah menjadi pucat dan kaku. Tambahkan air panas jika perlu hingga bumbu benar-benar meresap dan matang.

tips tambahan :
  • gunakan api sedang agar cairan dalam daging keluar (intinya kalo digoreng udah ga merah lagi)
  • agar bumbu meresap setelah ayam ditambahkan bumbu ,simpan sekitar 15 menit sebelum direbus (nisa)

tips biar cake ga bantat

Sebel banget deh kalo cake yang udah kita enak-enak malah bantat, apalagi kalo cake bantat pas dapet pesenan...huaaa pengen nangisss deh..jadi kudu buat lagi.
di bawah ini sekedar info diambil dari republika 
  1. Perhatikan resepnya, takarlah bahan-bahan dengan tepat dan ikuti tahap pembuatannya.
  2. Siapkan peralatan sebelum membuat kue. Jangan sampai adonan Anda sudah siap sedangkan loyang belum disiapkan.
  3. Dalam pembuatan cake cokelat pun ternyata ada trik tersendiri. Biasanya dengan penambahan cokelat bubuk, jumlahnya akan menggantikan jumlah terigu. Jika dalam resep tercantum 200 gram terigu dan Anda ingin berinisitif menambahkan 50 gram cokelat bubuk, maka kurangi jumlah terigu tadi. Jangan lupa, ayak kedua bahan kering tersebut menjadi satu.
  4. tips dari mamah tersayank ku : alat-alat membuat kue kudu kering( mis baskom dll ), mentega dan telor ga bole dalam keadaan dingin (jadi kalo beli dalam keadaan dingin diamkan sampe suhunya normal ), dan jangan lupa kalo mo ngaduk adonan dengan spatula, aduklah dengan satu arah.
  5. Panaskan oven sekitar 15 sampai 20 menit sebelum digunakan. Panas ideal untuk cake antara 175 hingga 200 derajat celsius. Dan jangan lupa, kenali sifat-sifat oven Anda.
  6. Untuk mengetes kematangan, Anda dapat menusuk bagian tengah dengan lidi bersih. Jika saat di angkat tidak ada adonan yang melekat, berarti kue sudah cukup matang. Segera keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakannya. jangan didiamkan dalam oven terlalu lama, karena proses pematangan akan terus berlanjut.
  7. kata tante alma neh yg jago masak.. Kalau masukin bahan ke adonan harus sedikit-sedikit, jangan sekaligus.
moga-moga berguna :)

On air with Fean : tips memasak bergizi, praktis, hemat, cepat dan murah

Buka ym eeh langsung yg nyapa alia..gini isi chatnya
"teh nisa..teh nisa
kan pengen ada acara de gromiest on line tuh
khusus untuk muslimah de gromiest
nah acaranya OL melalui YM
kita pengen nya sharing2 gitu teh nisa
tujuannya ya mempererat silaturahmi + nambah wawasan
gimana kalo minggu ini temanya ttg tips memasak praktis, hemat, bergizi dan murah".


gubrag..seumur-umur aku lom pernah sharing online truz pake radio sgala, dulu pernah ngajar materi ke anak2 smp atau sma...naloo ini mah yg dikasihnya sharingnya juga student2 tingkat tinggi..hii jadi ga pede gini. tapi gpp lah sekaligus belajar juga, moga-moga ga memalukan yaa..dan bermanfaat..kalo ada kata2 ku yg salah tolong di koreksi..info dibawah ini hasil searching dan pengalan pribadi juga.

judul materi yg dikasih ga jauh2 dari kegemaranku malah sekarang jd mata pencaharianku judul yg dikasih panitia tips memasak bergizi, praktis, hemat, dan murah.Siapa sih yang ngga suka makanan enak?kalo kita hidup di Indonesia sepertinya ga bisa masak juga ga jd masalah tinggal beli ke warung harga 2000 perak aja dah kenyang, tapi kalo disini ga bisa masak dan ga dipaksain kayanya menderita sendiri. memasak itu seni disitu, ada rasa, ada warna, ada tantangan, dan yg penting ada award. Apalagi kalo kita ngidam makanan tertentu, trus kita masak dan hasilnya enak hepi banget kan??.atau kita bikinin masakan buat banyak orang trus cepet ludes hati kita berbunga2 dan yg makan juga hepi, yg paling penting dalam seni memasak bisa bikin pasangan kita tambah cinta dan betah dirumah..huhuy.. Tapi kalopun masakan yg kita bikin gagal itu bagian seni dan biar nambah pengalaman. Menurut pengalaman neh, kalo pas lagi suntuk trus masuk ke dapur.. ehh, ternyata bisa bikin hati jadi seneng lho. Memasak itu bisa bikin mental kita sehat lho. Seriously, cooking is actually relaxing. Entertaining friends is one thing, but when your whole day seems like it's worth the sweat... that is the most rewarding experience! Memasak itu sebenernya gampang sekali kok... ngga perlu pake ilmu, dan ngga perlu pake jampi-jampi... yang penting kita niat mau ke dapur , belanja, bikin bumbu yang lengkap, berlapang hati dan punya kemauan untuk belepotan ama keringet, bau bawang, letupan minyak, dll
smog
a uraian di bawah ini jadi pada semangat masak neh ;))


1. makanan sehat & bergizi :
  • mengandung gizi : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral.
  • tidak mengandung formalin, pewarna, pengawet, dan sebaiknya penggunaan dikurangi penggunaan penyedap..
  • sanitasi dan hygenis. sanitasi menyangkut kebersihan dapur dan alat-alat masak..terutama penggunaan spons harus kudu sering diganti dan dikeringkan., karna bibit penyakit bisa cepat berkembangbiakdalam kondisi basah . hygienis menyangkut kebersihan pribadi/ si pemasak misalnya cuci tangan sebelum masak, .rambut diikat atau di tutup dengan topi koki, kuku kudu bersih.
contoh :
  • cara memasak sayuran agar tetep bergizi cuci bersih sayuran, kemudian potong2. pada saat memasak gunakan tutup panci agar kematangannya sempurna dan sebaiknya jgn terlalu matang soalnya vitamin dan protein tidak tahan panas.
  • Untuk menghindari risiko terkena kanker, terlebih dahulu merendam daging dalam campuran bumbu yang diberi minyak zaitun. Dicampur pula perasan air jeruk sebelum dipanggang. Kedua cara itu dapat mengurangi pembentukan senyawa kimia HCA dan PAH dalam tubuh.
  • Lebih sering mengolah makanan dengan cara memanggang dan menggunakan oven. Sebaiknya minimalkan memasak dengan cara menggoreng.
  • jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat, seperti; minyak jagung, minyak sayur atau minyak zaitun. Gunakan juga jenis minyak tersebut untuk menumis.
  • Sesekali masaklah makanan dengan cara dikukus atau di rebus.
  • Ketika mengolah daging ayam, usahakan buang kulitnya, atau pilih daging sapi muda yang tidak banyak mengandung lemak
  • Mengetahui cara memasak agar bebas lemak dan kolestrol serta menyeleksi jenis makanan yang dikonsumsi
  • 2. praktis
    "'praktis dan mudah'" cocok banget neh buat temen2 yg "'kos'"ers atau yg lagi sibuk. intinya masak cepat beres. Padahal masak masakan Indonesia kaya akan bumbu dan rempah-rempah perlu banyak waktu khan kebanyakan prepperingnya lama, musti diulek-ulek.. direndam.. diremas-remas dan ribet lagi... timing is everything!.
    T
    api ga usah khawatir sekali lg masak itu gampang..jd pasti ada lah resep2 yg praktis dan mudah seperti : mie goreng, bihun goreng, sop, omelet, tumisan, ceplok telor, salad, spagheti.tumis ikan filet, teriyaki.


    3.Mur
    ah dan hemat
    murah pasti dilihat dari harga nya dunk. tapi sebenernya menurutku yg penting memanfaatkan bahan yg ada. sekali jangan terpaku resep pokonya bikin inovasi sendiri dengan bahan yg ada. Jangan menumpuk bahan makanan kan jadinya mubadzir.
    misal kita mo bikin spaghetti tp ga ada daging ya gunakan bahan yg ada misalnya tuna atau jamur. karna kalo kita terpaku dengan resep asli brarti kudu menyediakan waktu dan dana. dan kalo stok makanan ditumpuk juga ujung2nya kebuang kan mubadzir.apabila kita masak berlebih tapi dah bosen dengan menu tersebut bisa dibikin 2 cara masukkan ke dalam freazer atau dioleh menjadi menu yg berbeda. kan hemat tuh..

    4 .m
    akanan enak
    en
    ak itu artinya pas komposisi dan rasa. intinya cocok dilidah. jadi enak itu bersifat relatif.
         5. trik masak cepat dan cepat :
  • Mengetahui teknik dasar memasak. Masak itu menyenangkan, tidak percaya? Di sini Anda bisa bereksperimen soal campuran bahan dan bumbu. Tapi dengan syarat, teknik dasar memasak harus sudah Anda kuasai. Seperti menggoreng, mengupas bahan dan tahu nama-nama bumbu.
  • Buat planning kira2 apa yang mau dimasak seminggu. trus bikin list belanja dan kudu taat dengan list yg kita bikin biar hemat ;)).
  • Pembelian dan persiapan bahan : Jumlah bahan disesuaikan dgn kapasitas kulkas dan freezer. 1) daging dan ayam : iris2 daging sesuai dgn menu planning kita dan bungkus per porsi masak. Dapat menggunakan bekas take away plastic box atau dgn freezer plastic bag. Tandai bungkusan tsb dgn jenis daging dan tanggal pembelian. Bumbui daging dan ayam, contohnya bisa dibumbui dengan sedikit kecap asin + bawang putih, kecap asin + manis + merica + bawang putih, kecap asin, madu, merica + bawang putih atau terserah yang mau memasak. Untuk ayam kalo pengen cepat masaknya beli yg filet. 2) Untuk ikan : belilah ikan segar yg udah di bersihkan, cuci bersih dan bumbui, masukkan freezer. atau kalo males ribet gunakan ikan filet. 3) Untuk sayuran beli 3 hari segali agar lebih segar kecuali kol, paprika, wortel, terong, labu. lebih tahan lama. 4) Untuk bumbu. biar keliatan sepele tp pentingggggggg bgt kalo ga ada satu bahan bumbu bisa mengurangi mood masak apalagi rasa. apalagi kita disini jauh dari warung tetangga..kurang garem aja kudu ambil sepeda trus pake baju lengkap ;)).jadi sediakan bumbu umum misalnya bawang bombay seger, bawang putih segar, garam, merica, gula pasir, bumbu powder. kalo ada waktu seh bikin stok rempah2 segar yg udah dipotong-potong seperti lengkuas,jahe, serai.
    Kalau mau buat bumbu sendiri, terutama bumbu utk masakan Indonesia, buat yang banyakan dan simpan di kulkas. Bisa ngikutin resepnya Rudi Choirudin tuh. Utk penyimpanannya, taruh sedikit minyak dipermukaannya spy bumbu tdk teroksidasi oleh udara dan bakteri/jamur lebih susah berkembang biak.
  • Awali dengan resep yang paling mudah. Saran ini cocok bagi yang belum pernah 'terjun' ke dunia memasak. Begitu Anda berhasil dan sukses, hari berikutnya Anda akan 'ketagihan' untuk kembali mencoba resep lainnya yang setingkat lebih sulit.
  • Selalu menggunakan bahan makanan yang segar. Jangan harap masakan Anda bisa diacungi jempol jika yang diolah adalah sayur yang sudah seminggu di kulkas dan bumbu yang sudah lama disimpan. Sebab aroma dan rasa bahan sudah berkurang
  • Jangan mau menjadi budak buku resep. Sebagai pegangan memasak, buku resep memang sangat perlu untuk panduan. Tapi bukan berarti Anda tak boleh bereksperimen sesuai selera. Jika tidak suka kol, Anda bisa menggantinya dengan sawi. Jika anti pada merica, sah-sah saja jika Anda menggantinya dengan cabe
  • Siapkan bahan dan bumbu yang akan diolah pada satu tempat. Cara ini memudahkan Anda untuk mengolah makanan tanpa harus ada bahan yang tertinggal.
  • Jatuh cinta pada pandangan pertama. Artinya, saat disajikan, penampilan makanan harus bisa mengundang selera lewat mata. Jadi, jangan lupakan hiasan dan wadah yang tepat untuk menyajikannya.
5.Tips memasak
  • Kalau anda membutuhkan banyak bawang putih, ada cara cepat utuk mengupasnya hingga tak menyita waktu banyak. Caranya, panaskan bawang putih dalam microwave selama 10 detik. Hasilnya, kulit bawang akan langsung terkelupas atau Mememarkan bawang putih :Tekan pisau pada bawang (tidak perlu dikupas kulitnya), setelah memar, kulit bawang akan terlepas dengan mudah
  • Cincang halus bawang putih :Dengan alat khusus : Bawang putih dimasukkan dalam tempat khusus yang bagian bawahnya berlubang, lalu tekansaat merebus udang, agar bau udang hilang, masukkan daun seledri segar ke dalam panci.
  • Agar pie yang akan dipotong tidak hancur, banyak tertinggal di talenan, dan mudah diambil, sebaiknya bungkus pie terlebih dahulu setengahnya.
  • Jika membutuhkan hanya setengah dari bawang bombay, sebaiknya agar sisanya bertahan lebih lama, potong secara horizontal dan simpan bagian yang ada akarnya.
  • Agar potongan buah dan kacang menyebar rata di dalam adonan cake serta tak menggumpal di bagian bawah cake, taburi dengan tepung sebelum dimasukkan ke dalam adonan.
  • Selalu kupas daun letuce lembar demi lembar. Jangan pernah memotongnya dengan pisau karena akan terasa pahit.
  • Jika memasak mi atau beras, agar airnya tidak tumpah keluar, tambahkan sesendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan.
  • Pastry yang diolah dengan menggunakan air dingin akan menjadi renyah. Sebaliknya jika memakai air panas, akan menggumpal.
  • Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat ketika mengolah salad, sebaiknya oleskan terlebih dahulu dengan mayones sebelum mengisi mangkuk adonan dengan sayuran atau bumbu lain.
  • Ingin menghias cake dengan cara mudah? Pertama-tama gambar pola di atas cake sesuai keinginan dengan bantuan tusuk gigi. Lalu ambil botol kecap/sambal yang kosong, isi dengan gula berwarna, dan semprotkan perlahan-lahan di atas pola gambar yang sudah dibuat dengan bantuan tusuk gigi tadi.
  • Telur rebus akan semakin mudah dikupas jika begitu matang langsung diangkat dan diletakkan di mangkuk berisi air dingin selama beberapa menit.
  • Gunakan bumbu-bumbu beraroma tajam (misalnya lengkuas, daun jeruk, serai, daun kemangi, jahe) saat memasak kerang. Tujuannya untuk mengurangi bau amis kerang.
  • Untuk Menambahkan keju atau topping lainnya sebaiknya dilakukan setelah makanan matang, agar tidak keras atau malah lembek.
    Bila perlu, dimasak lagi selama 1 menit pada suhu panas sedang agar topping menyatu dengan makanan
Memasak dengan microwave
ini untuk temen2 yg aslii sibuk banget. bisa juga lho masak dengan bantuan microwave
misalnya : dadar telur, nasi, mie, telor rebus, sop, ikan filet.

syaratnya: .

  • tidak bisa digunakan untuk menggoreng dan membuat kulit makanan
  • Potonglah bahan makanan kecil-kecil agar cepat matang
  • Untuk masakan berkuah, kurangi airnya sepertiga dari ukuran normal, karena penguapan di dalam microwave tidak sebanyak seperti memasak menggunakan kompor.
  • Pilih tempat meletakkan makanan yang berukuran lebih besar dan khusus untuk microwave, biar cepat matang.
  • makanan yg mempunyai kulit atau selaput tipis(membran) harus ditusuk2 terlebih dahulu biar ga meletuh contonya kuning telur.

contoh masakan yg dpt menggunakan microwave : dadar telur, ayam kecap dll

memasak dengan rice cooker lebih leluasa dibandingkan dengan microwave. memasak di rice cooker hampir sama seperti masak biasa, tp biar cepat proses kematangnnya potong sayuran,daging dan sayuran kecil2 buar cepat matang dan gunakan air yg mendidih (pake air di hiter)


smoga tulisan ini bermanfaat ;))
bu
at yg kemaren bertanya maaf kalo jawabannya ga meyakinkan, maklum sama2 belajar...mohon maaf kalo ada kekurangan
thx buat Rachma dan alia dan makasih banyak untuk temen2 yg mo dengerin aku dan fean

source :

  • detik
  • tabloid nova
  • blog notes my kitchen
  • tabloid saji
  • Clikwok.com
  • blog yvonnes
  • indoforum
  • pengalaman temen-temen dan pengalaman pribadi

Menghindari makanan biar ga cepat basi

Aku biasanya masak sehari itu satu kali , kalo masaknya siang hari,menu makan malam atau kadang makan pagi dengan menu yg sama, atau kalo masak nya malam, ya siang hari menu nya masih tetep itu-itu juga. Sebelnya pas mo dimakan eeehh dilihat dah bau dan basi.. Kalo dah begini pilihannya ya dibuang..tapi aku suka sedih banget udah capek-capek masak, rasa nya dah di enak-enak, dan kalo lihat harga duhhh sayangg banget. Kalo musim winter makanan alhamdulillah jarang basi, tapi kalo dah mulei summer udah dehhhh kudu waspada.
biar summer depan terhindar agar makananku ga mubadzir aku searching dan ini hasilnya, moga berguna :)

Beberapa faktor y
ang menyebabkan basi adalah cuaca, kuman melalui kulit, air, udara,atau saat proses memasak.
Di bawah ini beberapa tips agar makanan tidak cepat basi yang diambil dari berbagai bacaan, petuah dari ortu dan pengalaman sendiri.

  1. Sebelum mengolah makanan, pastikan tangan bersih setiap kali hendak memegang makanan. Lepaskan perhiasan, termasuk cincin dan jam tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan deterjen. pastikan juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menangani bahan makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah atau memegang binatang peliharaan. Bila terkena luka teriris ditangan, balutlah luka iris dengan kain atau plester steril yang tahan air. Gantilah kain atau plester itu setiap hari sampai luka sembuh.
  2. Jaga supaya permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan dalam keadaan bersih dan kering. Disinfeksi alat-alat masak dengan air hangat dan detergen sesering mungkin, serta segera lap tumpahan makanan.
  3. Memasak tujuan utama selain menambah kelezatan dan juga lebih bertujuan membunuh bakteri. Jadi pada saat mencicipi masakan gunakan sendok jangan gunakan jari atau telapak tangan. Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dahulu..Karna makanan bisa terkontaminasi lewat tangan dan ludah kita.
  4. Pada saat akan memasukkan bahan makanan yg berkuah tunggu sampai air mendidih secara sempurna terutama makanan yang bersanten.
  5. Setelah makanan matang, apabila akan disimpan beberapa hari segera sejukkan/dinginkan makanan beberapa jam tersebut dengan merendam wadah makanan di dalam air es. Untuk melakukan ini, pilih wadah makanan yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap dingin, sehingga saat wadah direndam dalam air es, suhu makanan akan lebih cepat turun.
  6. pada saat memasak nasi di rice cooker setelah beras menjadi nasi (udah keep warming). matikan listriknya, aduk-aduk nasi biar ga padet. hilangkan uap nasi, kemudian tutup kembali atau bisa dengan cara gunakan lap bersih kemudian simpan diatas nasi lalu tutup,Hal ini berfungsi agar uap air tidak jatuh ke nasi. Beberapa jam lunch atau dinner baru lah di nyalakan kembali listrinya.
  7. Magic com atau rice cooker sejatinya bukanlah mesin ajaib penyimpan nasi hingga berhari-hari, namun hanya merupakan penghangat (warmer).
  8. Tak Basi. Bila berlebih, masukkan sisa ketupat ke dalam lemari es agar tak cepat basi. Saat akan dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Lalu, rebus di dalam air mendidih sekitar 30 menit dan tiriskan. Rasanya, tentu saja masih tetap kenyal dan legit
  9. Kalo dah beli ayam, daging atau ikan misalnya akan di masak malam hari atau besoknya tambahkan lumuri daging/ayam.ikan yg udah dicuci bersih dengan garam dan merica.
  10. petuah dari emak di rumah nih, kalau masak pagi atau siang, malamnya sebelum tidur diangetin lagi, apalagi yang jenisnya berkuah santan. trus tunggu dingin, baru ditutup. besok paginya angetin lagi, biar bisa makan anget lagi gitu.
  11. Kalau ingin makanan lebih awet dan segar, bisa diletakkan dalam kulkas , kalau dalam perjalanan bisa disimpan di dalam cooler box.
apalagi yaa...kalo ada yg punya tips lain kasih tau aku yaaa :)
source : tabloid Nova, mamahku, pengalaman teman dan aku.
http://forum.dudung.net/index.php?topic=4319.45.
Ibu & Anak, Maret - April 2008

Menghindari Keracunan Makanan di Rumah

Pernah neh aku sama aa menghadiri satu acara kumpul-kumpul, makanannya enakk. Malam hari nya sekitar jam 2 pagi aa sakit perut dan pagi nya  sakit perut lagi. Kupikir sakit perut biasa...tiba-tiba ada suara telp dan temenku tanya kmaren waktu di acara kumpul-kumpul sakit perut ga?? aku bilang aku seh baik-baik aja..cuma aa iya..eeeh ternyata hampir semua orang yg dateng ke acara tersebut sakit perut sampe ada yang 7-10 kali ke toilet. Baca di berita juga gitu pulang dari hajatan eehh balik-balik mencret. Malah banyak yangs ampe kerumah sakit gara2 keracunan makanan.
Aku juga sering bikin makanan untuk orang lain dan rasanya kalo itu terjadi sama aku duhh aku pasti ngerasa ga enak..padahal aku yakin yg masak buat acara kumpul-kumpul  tuh dah pasti sebersih dan seenak mungkin.
Aku googling neh biar kalo nanti aku masak untuk orang lain ga sampee deh kejadian menimpa diriku..:P

smoga info ini berguna.
Bagaimana Anda bisa yakin makanan yang Anda makan sudah aman? Seringkali, keracunan makanan terjadi karena makanan tak ditangani secara tepat, tidak dimasak secara benar, atau tidak disimpan dengan baik.
Keracunan makanan, yang juga akan mengarah pada penyakit lebih serius yang disebabkan makanan dikenal dalam istilah medis sebagai gangguan gastrointestinal, yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan terserang keracunan makanan.
1. CUCI TANGAN
Cucilah tangan, perlengkapan memasak dan alat makan secara teratur, dan sebelum digunakan. Bila terjadi penyebaran bakteri berbahaya di tangan Anda, pada perlengkapan memasak dan alat makan, Anda sekeluarga berisiko besar menyerap banyak mikro organisme tadi, lalu mejadi sakit. Cucilah tangan dengan air hangat dan sabun, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, terutama setelah mengolah daging sapi mentah, daging ayam, ikan, kerang, atau telur. Lalu, gunakan air panas dan sabun untuk mencuci perlengkapan masak dan alat makan yang akan digunakan.
2. PISAHKAN MAKANAN
Ketika berbelanja, pisahkan makanan mentah dengan makanan dan barang belanjaan yang lain. Hal ini untuk mencegah perpindahan kontaminasi kuman dari satu makanan ke makanan lain.
* Pisahkan produk daging dan ayam dari belanjaan Anda yang lain.
* Bungkus daging mentah dengan rapat agar cairannya tak menumpahi dan mengontaminasi makanan lain.
* Gunakan talenan berbeda untuk memotong daging mentah dan makanan siap makan, seperti roti dan sayuran.
* Gunakan piring berbeda untuk daging mentah dan makanan yang sudah masak atau matang.
3. MEMASAK DENGAN SUHU AMAN
Masaklah makanan Anda sampai benar-benar matang! Cara terbaik untuk mengetahui apakah makanan dari daging sapi, ayam, atau telur sudah benar-benar matang adalah dengan termometer khusus makanan. Sehingga, Anda bisa tahu pasti apakah makanan yang dimasak sudah mencapai suhu yang cukup untuk membunuh bakteri atau belum. Anda pun bisa membunuh organisme berbahaya pada hampir semua masakan jika dimasak pada suhu antara 60-82 derajat Celcius.
4. BEKUKAN MAKANAN YANG MUDAH BASI
Bakteri berbahaya bisa tereproduksi kembali secara cepat bila makanan tak disimpan dalam kulkas secara benar. Dinginkan atau bekukan makanan yang mudah basi dalam 2 jam setelah pembelian. Bila suhu ruangan di atas 90 derajat Celcius, dinginkan makanan yang mudah basi dalam 1 jam setelah pembelian. Bekukan daging sapi, ayam, ikan, dan kerang jika Anda berencana akan memasaknya dalam dua hari. Bekukan daging sapi, daging ayam, atau daging kambing dalam 3-5 hari.
5. HILANGKAN BEKUAN ES PADA MAKANAN
Bakteri bisa tereproduksi kembali secara cepat pada daging sapi, ayam, dan ikan pada suhu kamar. Jadi, hilangkan bekuan es pada makanan dengan menggunakan cara berikut:
* Dalam kulkas. Bungkus secara benar daging sapi, ayam, dan ikan agar airnya tak menumpahi makanan lain. Begitu bekuan es sudah dihilangkan, gunakan daging sapi, ayam, dan ikan dalam 1-2 hari.
* Dalam microwave. Gunakan defrost atau atur pada posisi medium agar bekuan es benar-benar hilang. Bila daging sapi, ayam, atau ikan sudah dalam bentuk potongan, pisahkan selama proses pencairan, untuk memastikan bekuan esnya hilang, dan segera masak daging-daging tadi setelah pencairan..
* Dalam air dingin. Rendam makanan yang terbungkus rapat di dalam air dingin, dan ganti air setiap 30 menit. Atau, tempatkan makanan yang terbungkus rapat di bawah air dingin yang mengalir. Segera masak makanan setelah pencairan.
6. HATI-HATI MENYIAPKAN MAKANAN
Bakteri berbahaya bisa tumbuh cepat bila makanan yang telah disiapkan dibiarkan tanpa alat pemanas atau alat pendingin yang tepat, terutama jika mengadakan pesta prasmanan atau pesta kebun.
* Buang makanan sisa yang disimpan pada suhu kamar, selama lebih dari 2 jam atau di cuaca panas selama lebih dari 1 jam.
* Bila makanan dingin harus dibiarkan selama lebih dari 2 jam, letakkan es di bawah makanan tadi agar tetap dingin. Ganti esnya bila sudah mencair.
* Bila makanan panas harus dibiarkan selama lebih dari 2 jam, gunakan alat pemanas di bawah makanan tadi agar tetap panas.
7. BUANG BILA RAGU
Bila Anda tak yakin dengan makanan yang akan Anda makan meski telah disiapkan, disediakan, atau disimpan dengan aman, sebaiknya segera buang. Makanan sisa yang dibiarkan terlalu lama pada suhu kamar dapat mengandung bakteri atau toksin yang tak mudah mati, walaupun sudah dimasak. Jangan cicipi makanan yang Anda tak yakin masih baik atau tidak. Sebaiknya, buang saja. Walaupun tampak bagus dan baunya normal, tak berarti selalu aman untuk dimakan.
8. TAHU KAPAN HARUS MENGHINDARI MAKANANKeracunan makanan sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak, wanita hamil dan bayi yang dikandungnya, orangtua, serta orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Mereka memiliki risiko masalah kesehatan serius bila keracunan makanan, dan harus diberikan perhatian ekstra, dengan menghindari makanan dan keamanan makanan seperti berikut:
* Daging sapi dan daging ayam mentah atau ½ matang.
* Ikan dan kerang mentah, atau kurang matang.
* Telur dan makanan mentah atau kurang matang. Atau, makanan yang mengandung telur, makanan mentah, atau kurang matang.
* Sejumlah sayuran mentah seperti tauge, buncis, dan lobak mentah.
* Jus, sari buah apel, produk susu, dan keju yang semuanya tidak steril.
* Makanan cepat saji atau roti isi daging yang tidak dimasak.
*Hindari susu dan produk susu yang tidak dipasteurisasi
*Sebaiknya memanaskan makanan sebelum dimakan
*Untuk makanan dan minuman kaleng sebelum dibuka periksa kemasan/kaleng untuk mengetahui kerusakan makanan (ciri fisik, aroma, tekstur, warna), periksa tanggal kadaluwarsa dan buang makanan yang sudah kadaluwarsa
*Selalu minum air masak atau air mineral dalam kemasan/botol
*Memakai air panas dan sabun untuk membersihkan semua alat dapur
*Jajan sedapat mungkin dihindari, lebih baik makan makanan yang disiapkan sendiri karena kemanan makanan tersebut lebih terjamin
Sebagai bentuk pencegahan keracunan makanan, jaga makanan panas tetap panas, menjaga makanan dingin tetap dingin, dan terpenting adalah menjaga kebersihan, terutama tangan Anda. Bila Anda mengikuti aturan-aturan dasar ini, kecil kemungkinannya bagi Anda akan keracunan makanan.
 
source : tabloid Nova

Thursday, January 20, 2011

Book Cake


Jasmines Geburtstag :)
Paduan Coklat, cream cheese, marzipan, cocos dan dan Icing Butterfly
Pesennya : book cake, sederhana, ga usah pake tulisan..tapi seperbiasa kekurangan bahan cream dan males belanja di musim winter begini ..ga profesional banget hihihi :P.
Maafkan daku ya bu Tri..dan jgn kapok :)

Saturday, January 15, 2011

Thomas Cake

Saya mulei bikin cake Thomas  jam 5 sore, Padahal planningnya kudunya pagi-pagi jd biar malam tinggal dekor. Tapi lagi-lagi alasan si mood yang belum  keluar. Pagi-pagi saya malah keluyuran ke Zentrum, beli kado..pulang ke rumah tiduran bentar barulah bikin cake .Thomas cake ini pertama kali nya saya bikin..Kalo bikin cake nya cepet..tapi membuat kereta dan mendekornya yang lama..maklum saya masih amatiran apalagi di dunia Marzipan dan Fondan.
Untuk membuat bagian cake paling bawah saya menggunakan loyang d=26 dengan 2 adonan. masing-masing  adonan  cake saya belah dua, dikasih cream dan ditumpuk menjadi satu layer tambah lagi cream dan  tumpuk lagi cake jadi total saya bikin 3 layer.
Dan 1 adonan thomas saya menggunakan loyang kereta. Tetapi karna Thomas dan kereta ada perbedaan jd kudu ada bagian yang dihilangkan dan ditambah.  Nah bagian ini sulit banget kalo buat aku. Untungnya aku dibantu sama aa. Dan ini foto si Thomas sebelum di hias.

Setelah itu barulah mendekor dengan Marzipan.Kenapa saya pilih marzipan bukan Fondant ada beberapa alasan neh. Fondant disini ingredient nya ada E471, walopun di Jerman katanya aman, cuma riskan aja karna belum langsung ditanya sama suplier nya. Kemudian saya cari ke supermarket marzipan untuk khuss untuk dekor tapi ada kandungan alkohol. Jadinya saya pake Marzipan untuk khusus untuk tambahan   masak dan kue. Waktu beli saya udah mulei curiga pasti kalo pake Marzipan ini rada rese secara emang bukan untuk dekor. Marzipan sendiri warnanya butek alias putih ga jelas...jadi ditambah warna apapun hasilnya rada gelap dan ga bagus. Benar aja pas saya kasih warna biru eeh jadi nya hijau...dikasih merah eeh warna keuungu-unguan...yang paling bagus kalo dah dikasih warna orange dan kuning.  Jadi biar warnanya rada bagus penggunaan warna nya pun kudu rada banyak.
Dulu saya pernah di ajarkan kalo mau mendekor marzipan atau Fondant kudu alasnya kudu pake gula halus..tapi dengan marzipan ko hasilnya tetep lengket yaa...akhirnya saya coba pake  pake alas kue (seperti yg ada di foto, nagian kertas yang warna putih) eeh alhamdulillah tanpa gula halus hasilnya bagus ko. Dan untungnya saya sudah membeli secara mencicil alat fondant jd alhamdulillah ga terlalu beribet. Tapi tetap saja sulit saat mendekor figuran si Thomas...ga bisa rapih...apalagi pas kudu bikin wajah si Thomas mana saya ga punya seperangkat alat untuk membuat modeling. Dengan susah payah akhirnya aa bisa juga bikin wajah si Thomas hampir mirip walopun senyumnya belum ceria. Untungnya pas kue disodorkan di depan Danisch dia bilang 'Thomassssssss' aihh senenngnya Danisch ngenalin, berarti wajah si Thomas nya rada mirip.
Setelah dekor bagian si Thomas selesei sampe jam 1 malam dan dilanjutkan besok pagi untuk mendekor bagian cake dan bawahnya..nah kalo bagian ini lebih mudah karna cuma tempel-tempel saja dan finishing touch nya. Oiya bagian  rel nya saya kasih rumput dari butter cream biar cake nya keliatann  hidup dan dapet warna yang cerah.Alhamdulillah akhirnya si Thomas pun jadi..saya dan aa pun senanggggggggg dan smoga yang ultah dan ortunya pun juga puas.

 Senang juga bermain dengan Marzipan serasa inget pelajaran keterampilan tangan waktu zaman SD :).

Thx Hafni dan Kang Dadang atas pesenannya..betul-betul ngasih pengalan yang mengasikkan neh...
Alles Gute zum Geburtstag Danisch smoga jd anak yang sholeh :)
Related Posts with Thumbnails